2012, Samsung Targetkan Jual 374 Juta Ponsel - Kompas.com

2012, Samsung Targetkan Jual 374 Juta Ponsel

Kompas.com - 02/01/2012, 14:41 WIB

KOMPAS.com - Samsung Electronics menargetkan penjualan ponselnya di 2012 naik sebesar 15 persen. Dibandingkan target penjualan 2011 yang mencapai 317,9 juta unit ponsel, ini artinya Samsung berniat menjual sebanyak 374 juta ponsel.

Menurut Korea Economic Daily target tersebut mencakup sekitar 150 juta ponsel pintar Samsung. Target tersebut akan mendekatkan posisi Samsung dengan Nokia, produsen ponsel terbesar saat ini, yang bertekad mengapalkan sekitar 399 juta ponsel pada 2012.

Perbandingan dengan Nokia memang tak bisa dielakkan lagi. Samsung tampaknya perlahan-lahan menjelma produsen ponsel terbesar di dunia. Padahal, di 2009, pangsa pasar raksasa dari Korea Selatan ini hanya separuh dari Nokia.

Samsung boleh dibilang meraup berkah dari Android. Performa penjualan Samsung didukung oleh penjualan ponsel pintar seri Galaxy yang berbasis Android. Ponsel ini konon hanya kalah saing dengan Apple iPhone, padahal Samsung baru masuk ke pasar ponsel pintar di 2010.

Seperti dilansir Reuters, Samsung didapuk sebagai vendor handset nomor dua di dunia setelah Apple. Beberapa analis juga memprediksi bahwa kedua raksasa ini bakal mendominasi penjualan ponsel pintar di tahun-tahun mendatang.

Di sisi lain, Nokia belum bisa dilupakan begitu saja. Produsen asal Finlandia ini diyakini bakal makin giat di 2012 dengan mengedepankan jajaran smartphone berbasis sistem operasi Windows Phone.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorWicaksono Surya Hidayat
    Close Ads X