Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Jadi yang Pertama Gunakan Prosesor "Smartphone" Buatan Intel

Kompas.com - 02/01/2012, 15:41 WIB

KOMPAS.com - Intel sudah siap merilis chip seri Medfield, yang dirancang khusus untuk perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. Prosesor Medfield ini dikabarkan akan digunakan pertama kali oleh vendor LG di produk smartphone-nya.

Produk pertama yang menggunakan prosesor Intel baru ini rencananya bakal diluncurkan dalam ajang Consumer Electronics Show (CES), di Las Vegas pada 9-13 Januari 2012.

Langkah ini dilakukan Intel untuk menghadang dominasi chip ARM yang banyak digunakan di perangkat smartphone dan tablet. ARM merupakan arsitektur prosesor 32-bit RISC yang dikembangkan oleh Advanced RISC Machine Limited (ARM Limited).

Soal spesifikasi, Intel masih enggan mengungkapkannya secara rinci. Namun berdasarkan rumor yang berkembang, prosesor tersebut sudah menggunakan fabrikasi 32 nm, berjenis system on chip (SOC), dan mendukung output HDMI 1080p.

Menurut salah seorang eksekutif LG, yang dikutip dari harian Korea Times, LG akan meluncurkan smartphone Android yang menggunakan chip Intel Medfield pada acara CES 2012. "LG sangat mungkin menggunakan chip buatan Intel. Namun Intel juga harus membantu mempromosikannya," katanya.

Eksekutif LG itu menambahkan, produk ini siap dipasarkan pada bulan Maret 2012. Namun, ia masih menutupi informasi nama dan seri smartphone tersebut.

Kerjasama Intel dan LG pada perangkat smartphone, bukanlah yang pertama kalinya. Beberapa tahun lalu, Intel dan LG memamerkan smartphone yang dibekali chip Intel Moorestown. Sayangnya, kerjasama itu tersendat dan membuat smartphone tersebut batal diluncurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com