Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Paling "Kecanduan" Twitter

Kompas.com - 10/01/2012, 20:11 WIB

KOMPAS.com - Kartografer media sosial Eric Fischer telah menciptakan peta digital yang dapat digunakan untuk mengetahui gerakan fisik seseorang di Twitter. Hasilnya, Indonesia tampak sebagai salah satu negara paling sibuk di Twitter.

Peta itu menunjukkan kicauan (tweet) dan balasan kicauan (reply tweet). Warna hijau menunjukkan gerakan fisik seseorang, ungu merupakan balasan kicauan dari seseorang dari satu lokasi ke lokasi lain dan putih adalah kombinasi keduanya. Fischer mendapatkan data tersebut dari hasil analisa geotagging di Twitter.

Hasil yang diperoleh dari peta buatan Fischer, lalu lintas (traffic) masuk dan keluar kicauan dari Indonesia dinilai lebih banyak dibandingkan negara lainnya di dunia. Peta ini seakan menegaskan betapa "kecanduan" Twitter di Indonesia sangat kuat.

Hal itu juga didukung oleh sebuah studi di tahun 2010. Riset yang dilakukan ComScore MobiLens selama April - Juni 2010, Indonesia tercatat memiliki penetrasi 20,8 persen dari total penduduk. Indonesia melesat jauh dibandingkan negara tetangga seperti Singapura (13,3 persen) atau Malaysia (7,7 persen). Bahkan Indonesia melampaui Amerika Serikat (11,9 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com