Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BitTorrent Pun Latah Berbisnis "Awan"

Kompas.com - 11/01/2012, 12:12 WIB

KOMPAS.com - Penyedia layanan penyimpanan file berbasis cloud akan terus bertambah. Setelah AcerCloud, kini perusahaan yang mengelola protokol BitTorrent mengumumkan sedang menyiapkan aplikasi berbasis "awan".

Layanan tersebut adalah Share, yang digadang-gadang bersaing dengan DropBox, SkyDrive, Box.net, Insync, dan para pelaku bisnis cloud lainnya.

BitTorrent selama ini dikenal sebagai protokol sharing file berbasis peer to peer, yang memungkinkan pengguna komputer mendistribusikan data ke pengguna yang lainnya secara langsung melalui Internet.

Share memungkinkan pelanggan untuk berbagi file dengan jumlah kontak yang tidak terbatas. Share juga tidak membatasi ukuran file dan tanpa biaya bulanan ataupun tahunan.

Dengan penawaran ini, Share menjadi aplikasi awan yang selangkah lebih maju dibandingkan para pesaingnya, seperti Dropbox yang lebih dulu populer.

Share akan tersedia untuk pengguna komputer bersistem operasi Windows dan Mac.

Aplikasi awan bisa disebut sebagai aplikasi yang menggantikan fungsi flash disk sebagai media penyimpan data secara online.

Jika pengguna meng-install aplikasi awan, secara otomatis aplikasi tersebut akan membuat folder khusus di komputer. Pengguna bisa menambah atau membuang file dalam folder tersebut.
 
Jika pengguna sedang bepergian dan membutuhkan file dalam folder aplikasi awan yang tersimpan di komputer, maka pengguna bisa mengakses atau mengunduh file tersebut melalui aplikasi awan dari perangkat mobile ataupun komputer. Cukup melakukan login dan file yang dibutuhkan bisa langsung diakses.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com