Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Tunjukkan Tegra 3 Siap untuk Tablet Windows 8

Kompas.com - 12/01/2012, 09:21 WIB

KOMPAS.com - CEO Nvidia, Jen-Hsun Huang memamerkan tablet dengan prosesor Tegra 3 yang dapat menjalankan sistem operasi (OS) Windows 8. Tablet yang dipamerkan ini menggunakan chip termutakhir buatan Nvidia, Tegra 3.

Huang memamerkan tablet tersebut di pameran elektronik paling bergengsi di dunia, Consumer Electronics Show di Las Vegas, sejak tanggal 10 sampai 13 Januari 2012. Menurut Huang, Tegra 3 menggunakan arsitektur dari ARM.

Tahun 2011 lalu, Microsoft telah berjanji agar Windows 8 untuk perangkat mobile dapat berjalan pada perangkat yang menggunakan prosesor hasil adopsi arsitektur ARM. Apa yang dilakukan Nvidia ini sekaligus menjawab bahwa Tegra yang menggunakan teknologi ARM itu dapat menjalankan sistem operasi Windows.

"Saya tidak sabar untuk melakukan hal itu. Tahun 2012 akan menjadi tahun yang baik untuk tablet, dengan kedatangan sistem operasi baru Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan Windows 8," kata Huang.

Pada kesempatan yang sama, Huang juga memperlihatkan seberapa baik kinerja Tegra 3 dari sisi grafis, dengan memainkan game 3 dimensi (3D) seperti Wipeout HD dan Shadowgun dari perangkat tablet Asus Eee Pad Transformer Prime, yang menggunakan prosesor quad core Tegra 3.

Huang juga mengumumkan teknologi andalan DirectTouch yang ada di setiap perangkat Tegra 3. Teknologi ini memberi pengalaman berlayar sentuh yang lebih halus dan lebih responsif. Nvidia mengklaim, DirectTouch dapat mengurangi atau menghilangkan lag antara input sentuhan dan respon grafis.

Selain itu, pihak Nvidia juga menjelaskan di situs resmi mereka, bahwa DirectTouch dapat mempercepat proses sentuhan 6 kali lipat, dan menurunkan konsumsi energi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com