Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Tablet Android dengan Fitur Televisi dan Radio

Kompas.com - 15/01/2012, 11:46 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi memungkinkan seseorang tak lagi perlu membawa beragam perangkat untuk melakukan berbagai hal. Pada mulanya, ponsel yang memiliki kemampuan ini. Dengan hanya membawa satu ponsel, pengguna bisa menelepon, mengirim pesan singkat, mendengarkan radio, musik, hingga memotret. Belakangan, ponsel juga bisa memutar video dan bahkan bisa digunakan untuk browsing internet dan menonton televisi.

Kini semua kemampuan itu berpindah ke tablet, dengan kelebihan, tablet memiliki layar yang lebih besar daripada ponsel. Tablet kini memiliki banyak kemampuan yang juga bisa membuat penggunanya tak lagi harus membawa banyak perangkat untuk melakukan banyak hal.

Kali ini, Kompas.com mencoba menggunakan Cyrus TV Pad, sebuah tablet Android yang diproduksi oleh PT. Mitra Komunikasi Nusantara. Produsen tablet ini mengklaim bahwa Cyrus TV Pad merupakan tablet Android pertama yang memiliki fitur televisi. Mari kita jelajahi produk ini.

Desain
Cyrus TV Pad memiliki ukuran 193,5 x 126,4 milimeter dengan ketebalan 14 milimeter. Layarnya merupakan WVGA TFT LCD dengan resolusi 800 x 480 piksel). Hanya memiliki satu varian warna yaitu hitam, dengan keseluruhan sisi berwarna silver.

Dalam posisi vertikal, di bagian atas terdapat antena televisi, port untuk charger, dan tombol power. Di bagian kanan terdapat tombol untuk pengaturan volume suara. Lalu di bagian bawah terdapat port untuk earphone.

Sedangkan di bagian belakang, tempat untuk baterai, juga dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan kartu SIM GSM seperti halnya pada ponsel. Karena Cyrus TV Pad sudah di-bundling dengan Telkomsel Flash, maka kartu SIM yang support untuk tablet ini adalah SIM dari Telkomsel Flash yang telah diberikan saat pembelian produk ini.

Mulai Menggunakan dan Perkenalan Tampilan Awal

Ketika menekan tombol power untuk menyalakan tablet dari kondisi mati, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih satu menit untuk menunggu tablet memulai sistem operasinya. Tentu saja bila dalam kondisi standby, tablet ini bisa langsung digunakan.

Ketika halaman awal terbuka, Anda akan langsung masuk ke antar muka yang terkunci. Buka kunci dengan menyentuh dan menggeser kunci ke sebelah kanan, maka halaman awal akan terbuka. Sebelum memulai melakukan "penjelajahan" fitur, anda harus melakukan registrasi untuk paket data Telkomsel Flash. Registrasi bisa dilakukan melalui pesan singkat langsung dari tablet. Setelah registrasi, anda bisa mencoba menelepon menggunakan tablet atau mengirim pesan singkat dari tablet ke ponsel Anda. Lalu mulai menjelajahi internet dengan tablet ini.

Halaman awal Anda akan berisi aplikasi standar Android seperti Telepon, Pesan, Browser, Messaging, dan Peta Navigasi. Untuk Cyrus TV Pad, Anda sudah langsung memiliki aplikasi Cyrus TV dan Cyrus FM Radio yang bisa langsung digunakan. Anda bisa mengatur tampilan halaman awal Aanda, termasuk memilih aplikasi apa saja yang harus ada di halaman awal. Di bagian atas halaman awal, ada fitur notifikasi, dimana Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi, Bluetooth, akses data, suara, dan kemampuan tablet untuk berganti posisi, langsung dari halaman awal.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com