Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Gagal Hadang Penjualan Motorola Droid

Kompas.com - 16/01/2012, 08:53 WIB

KOMPAS.com - Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat atau International Trade Commission (ITC), Jumat (13/1/2011) waktu setempat, memutuskan bahwa beberapa smartphone buatan Motorola tidak melanggar tiga hak paten Apple.

Namun, Motorola belum bisa merasa lega sepenuhnya, karena ini masih keputusan awal. Keputusan finalnya masih akan ditentukan oleh Komisi yang terdiri dari enam orang.

Sebelumnya, bulan Oktober 2010 lalu, Apple mengajukan gugatan kepada Motorola Mobility terkait paten multi-touch, atau cara bernavigasi dengan jari di layar seperti mengetuk, menggeser, dan "mencubit".

Apple mengklaim Motorola Droid, Droid 2, Droid X, Cliq, BackFlip, Devour dan Charm melanggar paten tersebut.

Apple pun meminta Komisi agar melarang Motorola melakukan penjualan ataupun impor produk-produk tersebut.

Tuntutan hak paten Apple dengan perusahaan teknologi produsen perangkat Android, bukan hanya terjadi pada Motorola. Apple juga sedang berkasus dengan vendor besar HTC dan Samsung.

Ketiga perusahaan produsen Android itupun tidak tinggal diam, mereka menuntut balik Apple. Sampai sekarang proses hukum Apple melawan tiga produsen Android itu masih berlangsung, dan terjadi di beberapa negara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com