Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Gadget Online Amati Kenaikan Ultrabook di 2012

Kompas.com - 16/01/2012, 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat komputer portabel ultra mobility, seperti MacBook Air atau jajaran Ultrabook, diamati mengalami kenaikan signifikan untuk 2012 ini.

Pengamatan itu dilakukan Abbi Angkasa dengan melihat data penjualan pada toko online JuraganGadget.com yang didirikannya.

"Sales-nya meningkat terus. Dari angka sales di kita saja sebelum masuk eranya sudah naik 20%. Pasar laptop ultra mobility ini masih bisa naik 30%-40% lagi sampai akhir tahun (2012)," ujar Abbi.

Di sisi lain, Abbi melihat justru penjualan Tablet PC tidak menunjukkan tren pertumbuhan yang signifikan. "Tablet dibilang gagal tidak, tapi tidak signifikan," katanya.

Salah satu yang diamati Abbi adalah terlalu banyaknya diversifikasi produk tablet. Sedangkan pengguna di Indonesia masih merasakan produk itu tanggung, karena ukurannya terlalu besar tapi kemampuannya terbatas.

Menurut Abbi, lebih dari 60 persen orang menggunakan tablet untuk hiburan, terutama bermain game. Ia melihat perangkat itu saat ini belum bisa jadi pengganti komputer sepenuhnya.

Sedangkan dari sisi smartphone dan ponsel lainnya, Android diyakini akan tetap menghasilkan penjualan besar. Apalagi mulai hadir perangkat Android dengan harga murah.

JuraganGadget.com mulai diperkenalkan pada November 2011 dan resmi diluncurkan pada 12 Januari 2012. Selain toko online, JuraganGadget juga memiliki toko fisik.

Namun, Abbi mengatakan, pertumbuhan besar terjadi di online daripada di toko fisik. “Saat ini, direct selling untuk online transaction kita naik 170%. Sementara yang walk-in (ke toko-red) cenderung flat," kata Abbi.

Berikut adalah 10 produk terlaris berdasarkan data penjualan JuraganGadget selama November 2011 - Januari 2012:

  1. BlackBerry Bellagio
  2. Macbook Air 11"
  3. Samsung Galaxy Y
  4. iPad 2
  5. Huawei X1
  6. BlackBerry Curve 9790
  7. iPod Shuffle
  8. iPhone 4
  9. Samsung Galaxy Tab 7+
  10. Acer Iconia Tab 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com