Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fujitsu "Curi Start" Pamerkan Smartphone Quad Core

Kompas.com - 17/01/2012, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Saat ini baru segelintir vendor yang sudah menggunakan prosesor dual core di smartphone buatannya. Saat vendor lain baru memamerkan ponsel-ponsel dengan prosesor dual core, ada satu vendor yang "curi start" dengan memamerkan produk buatannya dengan prosesor quad core.

Dipamerkannya prototipe prosesor quad core untuk smartphone, menjadi suatu hal yang cukup mengejutkan selama pameran elektronik paling bergengsi di dunia, Consumer Electronics Show berlangsung, 10 sampai 13 Januari lalu di Las Vegas.

Adalah perusahaan elektronik asal Jepang, Fujitsu, yang memamerkan prototipe smartphone yang menggunakan prosesor quad core Tegra 3 dari Nvidia.

Dalam kesempatan itu, Fujitsu memamerkan smartphone yang berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Fujitsu juga memamerkan kemampuan smartphone ini dalam menjalankan game Riptide GP dan dapat berjalan dengan mulus tanpa lag.

Meski menggunakan prosesor empat otak, smartphone ini diklaim mampu menghemat konsumsi baterai ketika tidak menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja grafik yang berat.

Namun, analis dari Real World Technologies David Kanter, memprediksi bahwa kinerja prosesor quad core yang terlalu kuat dan cepat akan menyedot konsumsi baterai lebih banyak.

Bahkan ada kemungkinan, kinerja prosesor akan menurun ketika beroperasi dalam modus hemat baterai. Karena itulah, smartphone dengan posesor quad core harus memiliki baterai dengan daya tahan yang super kuat.

Kabarnya, HTC pun sedang menyiapkan smartphone Android dengan prosesor quad core yang diberi nama HTC Edge. Rumor yang berkembang, Edge akan berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich, lalu dipersenjatai RAM 1GB, layar high definiton (HD) 4,7 inci, dan kamera 8MP.

Sebelumnya, prosesor Tegra 3 telah digunakan dalam perangkat tablet Eee Pad Transformer Prime dari Asus dan IdeaTad K2 besutan Lenovo. Acer pun akan memproduksi tablet yang menggunakan prosesor Tegra 3.

Nvidia memang punya rekam jejak yang mengesankan dalam memproduksi prosesor untuk perangkat mobile, yakni smartphone dan tablet. Prosesor dual core Tegra 2, dengan speed clock 2 x 1,5 GHz, tercatat sebagai prosesor smartphone dengan kinerja paling cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com