Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Bikin Aplikasi Android? Kunjungi Android Design!

Kompas.com - 17/01/2012, 12:06 WIB

Android DesignTampilan awal di situs web Android Design

KOMPAS.com - Google telah meluncurkan situs web Android Design, tempat di mana pengembang aplikasi bisa mendapatkan tips tentang cara membuat aplikasi untuk sistem operasi Android versi 4.0 atau disebut Ice Cream Sandwich.

Matias Duarte, Director of Android User Experience dari Google, mengumumkan peluncuran Android Design di acara pameran elektronik paling bergengsi di dunia, Consumer Electronics Show, 10 sampai 13 Januari lalu di Las Vegas, Amerika Serikat.

Google mendeskripsikan Android Design sebagai: "situs untuk mempelajari prinsip-prinsip desain, building blocks, dan pola untuk membuat tampilan antarmuka Android berkelas dunia."

Belakangan ini, Google memang semakin memperhatikan ekosistem Android. Salah satunya adalah masalah tampilan Android yang sangat beragam, yang menyebabkan Android terfragmentasi. Langkah semacam ini dinilai bagus untuk masa depan Android, sekaligus menertibkan para pengembang aplikasi.

Awal Januari 2012, Google telah mewajibkan para vendor produsen Android dan pengembang aplikasi untuk menggunakan antarmuka Holo yang telah dibuat Google. Holo wajib diimplementasikan agar mempermudah pengembang dan vendor mengintegrasikan widget, tombol aplikasi, dan menu di layar.

Google berharap aplikasi Android memiliki identitas kuat dan familiar digunakan oleh penggunanya karena tombol, widget, hingga temanya rapih dan konsisten. Ice Cream Sandwich akan menjadi sistem operasi Android pertama yang menggunakan standar desain dan antarmuka dari Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com