Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Urbanesia Ungkap Alasan Aliansi dengan Kompas.com

Kompas.com - 17/01/2012, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kompas Cyber Media, induk perusahaan Kompas.com, menjalin aliansi strategis dengan situs web lifestyle city directory, Urbanesia.com. Aliansi tersebut berupa investasi jangka panjang dan integrasi bisnis serta layanan yang bersifat saling menguntungkan.

Keputusan Kompas.com untuk melakukan aliansi strategis dengan Urbanesia karena tertarik dengan potensi bisnis yang dimiliki Urbanesia. Bagaimana dengan Urbanesia?

"Kami tertarik bekerja sama dengan Kompas.com karena Kompas.com sendiri memang sudah kuat sebagai media online. Di Industri internet Indonesia, Kompas.com merupakan salah satu perusahaan terkemuka. Kami juga melihat bahwa Urbanesia dan Kompas.com punya segmen market yang sama," jelas Selina Limman, CEO Urbanesia.com saat ditemui Kompas.com di Boost Conference, di Grand Ballroom Hotel Inter Continental, Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Selina menambahkan, Urbanesia menurutnya adalah sebuah media yang menyediakan layanan dan aplikasi directory untuk kalangan bisnis. Urbanesia membutuhkan kredibilitas sehingga aliansi strategis ini diyakini mampu meningkatkan kredibilitas Urbanesia sebagai penyedia layanan local directory.

Kontrak aliansi strategis ini sudah ditandatangani kedua belah pihak pada 19 Desember 2011. Pasca aliansi ini, Urbanesia akan tetap independen dan Kompas.com membantu operasional dan marketing.

"PT. Kompas Cyber Media saat ini adalah pemegang saham terbesar kami, di mana sisanya adalah milik tim manajemen Urbanesia. Sedangkan untuk saham yang dulu pernah dipegang East Venture, sudah dibeli PT. Kompas Cyber Media. Kami juga dulu punya angel investor, namun memutuskan keluar setelah adanya kerja sama dengan Kompas.com ini," jelas Selina.

Selama hampir satu bulan tersebut, Kompas.com telah menerjunkan sumber daya TI dan sales-marketing ke kantor Urbanesia. Hari ini, Urbanesia sudah menyediakan widget pencarian mereka di halaman awal Kompas.com, agar bisa digunakan oleh pembaca Kompas.com.

Sebaliknya, untuk membantu promosi, banner Urbanesia juga sudah hadir di halaman awal Kompas.com. Ke depan, Urbanesia akan masuk ke komunitas Kompasiana, dan membangun widget pencarian di Kompasiana.

"Untuk saat ini, Kompas.com masih fokus kepada perkembangan Urbanesia sendiri. Ada beragam layanan dan aplikasi yang akan kami kembangkan dan itu sangat didukung oleh Kompas.com," tutup Selina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com