Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INDUSTRI OTOMOTIF

Toyota Jepang Suntikkan Investasi Baru Rp 1,3 Triliun

Kompas.com - 18/01/2012, 03:37 WIB

Jakarta, Kompas - Pertumbuhan pasar yang positif dan makin terbukanya peluang pengembangan industri otomotif di Indonesia, mendorong manajemen puncak Toyota Motor Corp memperbesar investasinya. Dalam waktu dekat, raksasa otomotif Jepang ini akan menyuntikkan investasi baru sebesar Rp 1,3 triliun.

Investasi baru itu, menurut Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan, akan digunakan untuk menambah kapasitas produksi

50.000 unit per tahun. Dengan demikian, total investasi Toyota Motor Corp (TMC) dalam dua tahun terakhir menjadi Rp 4,1 triliun dengan total kapasitas produksi pada akhir tahun 2013 sebesar 230.000 unit per tahun.

Tambahan investasi ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi pertumbuhan pasar di kawasan Asia Pasifik. TMC melihat dari empat wilayah peta strategis bisnis mereka, kawasan Asia Pasifik yang tertinggi pertumbuhannya, baru Amerika, China, dan India.

Indonesia adalah salah satu negara yang strategis di kawasan Asia Pasifik sebagai basis produksi TMC. Fokus produksi di Indonesia selain MPV (kendaraan serba guna) juga akan dikembangkan jenis sedan baru.

”Berbagai indikator itu yang membuat TMC setuju menambah produksinya 50.000,” kata Johnny Darmawan, Selasa (17/1).

Rencana lama

Masuknya investasi baru itu, ujar Johnny, bukan karena faktor Thailand. Dana itu disuntikkan karena memang Indonesia sudah masuk dalam rencana besar TMC dalam pengembangan industri otomotif di dunia.

Fakta itu bisa dilihat dari penambahan investasi yang dilakukan oleh TMC justru sebelum Thailand dihantam banjir. Bahkan keinginan itu disampaikan sendiri oleh Presdir TMC Akio Toyoda di Jakarta tahun lalu yang ingin meningkatkan kapasitas produksi di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dari 110.000 unit menjadi 180.000 unit, dengan nilai investasi Rp 2,8 triliun pada tahun 2011. Awal tahun 2012 bertambah menjadi Rp 4,1 triliun.

”Ini untuk memperkuat pasar karena saat ini saja memenuhi pasar lokal masih kewalahan, itu pun sudah dibantu Daihatsu (untuk produksi Toyota Avanza dan Toyota Rush),” kata Johnny.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com