Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wikipedia Bahasa Inggris Mulai Dimatikan

Kompas.com - 18/01/2012, 12:18 WIB

KOMPAS.com Wikipedia tidak omong kosong memprotes undang-undang anti-pembajakan baru di AS. Versi bahasa Inggris situs itu telah dimatikan.

Blackout itu akan digelar selama 24 jam oleh Wikipedia. Mereka yang berusaha mengakses Wikipedia bahasa Inggris awalnya akan melihat halaman yang diinginkan, tetapi sekejap kemudian halaman itu ditutupi halaman hitam.

Sebuah teks muncul di halaman hitam tersebut. Begini bunyinya:

Imagine a World Without Free Knowledge

For over a decade, we have spent millions of hours building the largest encyclopedia in human history. Right now, the U.S. Congress is considering legislation that could fatally damage the free and open internet. For 24 hours, to raise awareness, we are blacking out Wikipedia.

Bayangkan Sebuah Dunia Tanpa Pengetahuan Bebas

Selama lebih dari satu dekade, kami telah menghabiskan jutaan jam untuk membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Kini, Kongres AS mempertimbangkan sebuah perundangan yang bisa berakibat fatal pada kebebasan dan keterbukaan dalam internet. Selama 24 jam, demi meningkatkan kesadaran akan isu ini, kami menggelapkan Wikipedia.

Akankah protes dari Wikipedia, yang juga dilakukan beberapa situs di AS, memiliki dampak besar?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com