Meski Ditutup, Konten Wikipedia Tetap Bisa Diakses - Kompas.com

Meski Ditutup, Konten Wikipedia Tetap Bisa Diakses

Kompas.com - 18/01/2012, 15:50 WIB

Oleh: Valentino, Kompasiana*

KOMPAS.com - Saat tulisan ini dibuat, Wikipedia.org (bahasa Inggris-red) dan wordpress.com/.org  benar-benar telah membuktikan ancamanya dengan melakukan “blacking out” situsnya untuk menolak dan melawan Online Piracy Act (SOPA) dan  the Protest Intellectual Property Act (PIPA)

Pada semua halaman Wikipedia bahasa Inggris, Anda dapat melihat tampilan seperi gambar di atas. Dengan pesan yang berbunyi  “Selama lebih dari satu dekade, kita telah menghabiskan jutaan jam membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Saat ini, Kongres AS sedang mempertimbangkan undang-undang yang fatal (dan) dapat merusak internet gratis dan terbuka”

Sedangkan Wordpress melakukan “blacking out”  terhadap dua domain sekaligus, yaitu Wordress.com  dan Wordpress.org. Pada halaman depan Wordpress.org terlihat seperti gambar dibawah ini dengan isi pesan yang berbunyi

“Banyak situs web dalam keadan “blacked” hari ini untuk memprotes undang-undang yang diusulkan AS yang mengancam kebebasan internet: the Stop Internet Piracy Act (SOPA) and the Protect IP Act (PIPA). Dari blog pribadi ke Wikipedia, situs di seluruh web - termasuk yang satu ini - meminta Anda untuk membantu menghentikan undang-undang berbahaya ini …” 

13268677121692541821

Screenshot Wordpress.org - 13:10 WIB 18/01/2012 

Di bawah pesan tersebut juga telah tersedia fasilitas untuk mengajak partisipasi warga Amerika Serikat untuk mengirimkan e-mail langsung kepada Senat AS dan untuk masyarakat internasional disediakan fasilitas untuk mengirimkan petisi. Untuk berpartisipasi silahkan saja mengujungi http://wordpress.org

Cara Mengakses Wikipedia dan Wordpress Selama Periode Blackout SOPA/PIPA

Untuk dapat mengakses Wikipedia maupun Wordpress walaupun dalam keadaan “blacked”, ikutilah langkah berikut ini (lihat gambar)

13268678341544216601

  1. Masukan keyword seperti biasanya (sebaiknya anda ikutsertakan kata “Wikipedia” atau “wordpress” di belakang keyword yang Anda inginkan) kemudian tekan [Enter] atau klik icon Search
  2. Setelah hasil pencarian keluar, arahkan pointer ke sisi kanan hasil pencarian yang dituju hingga muncul tanda panah dengan latar belakang abu-abu. Click pada tanda panah tersebut, sampai pada bagian kanan muncul screenshot situs yang dituju. 
  3. Lihat pada bagian atas screenshot, klik link Cached untuk masuk ke tampilan terakhir situs yang  telah di-crowd oleh Google.

*(Artikel asli terbit di Kompasiana dengan judul "Cara Mengakses Wikipedia dan Wordpress Selama Periode “Blackout” SOPA/PIPA".

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorReza Wahyudi
    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM