Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SOPA "Blackout Day" Kuasai "Trending Topic" Twitter

Kompas.com - 18/01/2012, 21:13 WIB

KOMPAS.com - Hari ini, perusahaan-perusahaan teknologi di Amerika Serikat melakukan aksi tolak rancangan undang-undang anti-pembajakan atau stop online piracy act (SOPA), dengan nama SOPA Blackout Day. Aksi ini membuat 10 website memutuskan tutup bersama, dan di halaman awal masing-masing tertulis dengan jelas, sikap perusahaan-perusahaan ini terhadap UU AS tersebut. Aksi paling keras ditunjukkan oleh Wikipedia dan Google. Aksi keduanya membuat pembahasan tentang SOPA menguasai tiga Trending Topic hari ini.

Beberapa trending topics yang bertengger di Twitter membahas SOPA di antaranya #stopSOPA, End Piracy, Not Liberty, dan Imagine A World Without Free Knowledge. Kata-kata End Piracy Not Liberty adalah kata-kata yang dikeluarkan Google dalam aksi protes di website-nya. Sedangkan kata-kata Imagine A World Without Free Knowledge adalah kata-kata yang diusung Wikipedia  dalam pernyataan di website-nya

Jika Anda membuka halaman awal Google.com, di bawah mesin pencari akan ada link bertuliskan "Tell Congress: Please Don't Cencor The Web”. Jika anda klik link tersebut, maka Anda akan masuk ke halaman pernyataan protes Google terhadap UU AS tersebut.

Tak hanya menunjukkan sikap protes, di halaman tersebut, Google menyertakan pengetahuan seputar SOPA dan PIPA, serta menyertakan nama-nama perusahaan teknologi, disertai link untuk mendownload pernyataan mereka masing-masing dalam format PDF. Terdapat 67 perusahaan dan komunitas yang menyertakan pernyataan sikapnya dalam format PDF yang diunggah Google di halaman tersebut.

Ada pula kutipan-kutipan pernyataan yang sengaja ditonjolkan Google seperti dalam tulisan berikut :

"We are proud to be part of an industry that has been crucial to U.S. economic growth and job creation… We urge you not to risk either this success or the tremendous benefits the Internet has brought to hundreds of millions of Americans and people around the world."

Google, Facebook, Twitter, eBay, Zynga, LinkedIn, Mozilla, AOL, Yahoo!

Sedangkan Wikipedia, langsung melakukan posting seputar pengetahuan mengenai SOPA dan PIPA di halaman berikut. Halaman ini bisa diakses dari halaman awal Wikipedia yang sedang ditutup selama aksi protes berlangsung. Dalam postingan baru ini, Wikipedia juga menyebutkan, bahwa berdasarkan data per tanggal 18 Januari 2012, Google mendeteksi 3.740 artikel yang membahas tentang SOPA dari seluruh dunia. Wikipedia menyertakan link beberapa di antaranya yakni artikel dari National Post, BBC, Al Jazeera, Los Angeles Time, BusinessWeek, Politico, MSNBC, Guardian, New Statesman, CNN, Hindustan Time, dan CBS News.

Hingga berita ini ditulis, Trending Topic Dunia di Twitter dengan tiga kalimat kunci tersebut perlahan terus naik ke peringkat teratas, dari awal kemunculannya yang hanya menduduki posisi sepuluh, tujuh, dan tiga, dari 10 Trending Topic Dunia yang disediakan Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com