Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple iBooks 2 Fokus pada Buku Interaktif untuk Pendidikan

Kompas.com - 21/01/2012, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Apple Inc secara resmi mengumumkan versi terbaru iBooks, yakni iBooks 2. Versi terbaru iBooks ini menargetkan pasar pendidikan. Apple berharap, iBooks 2 dapat memberikan buku-buku yang interaktif yang bisa mengalahkan buku teks mata pelajaran yang membosankan.

Dalam peluncuran di Museum Guggenheim di New York Time, Phil Schiller dari Apple Inc memeragakan cara penggunaan iBooks 2 yang interaktif. Misalnya dalam pengetahuan tentang serangga, anak-anak akan bisa membuka bagian demi bagian serangga sehingga bisa mengetahui seluk beluk serangga tak hanya dari tulisan, seperti yang ditawarkan oleh buku konvensional. Penambahan audio pada setiap koleksi buku di iBooks 2 juga akan menambah unsur interaktif tablet ini.

"Anak-anak akan bisa lebih pintar dan berterima kasih kepada tabletnya. Buku teks sudah tidak lagi menjadi alat yang ideal untuk belajar," ujar Schiller. "Saya bangga untuk mengatakan kepada anda bahwa anak-anak akan sangat mencintai iBooks mereka," tambahnya.

Apple memang tidak hanya mengubah versi sebuah buku teks ke format buku elktronik. Apple merombak total setiap buku yang akan dijual di iBooks 2 dan menambahkan audio dan visualnya. Apple juga menambahkan sebuah fitur seperti notes, yang bisa digunakan anak-anak untuk mencatat hal penting dan menjawab kuis-kuis yang tersedia untuk menguji pemahaman mereka terhadap materi yang ditawarkan.

Aplikasi untuk Membuat E-book

Di iBooks 2, Apple juga menambahkan aplikasi yang memungkinkan penulis membuat buku elektronik langsung dari aplikasi. Jika selama ini seseorang membuat buku elektronik dengan cara menulisnya di word, lalu save as ke PDF, lalu diunduh, kali ini cara tersebut akan dipermudah. Hanya dengan membuka aplikasi iBooks Author, penulis bisa memulai menulis naskah bukunya langsung di aplikasi, mengedit tata letak, dan desain sampul.

Aplikasi ini bisa digunakan oleh para guru dan orang tua untuk membuat buku sendiri, yang bsia dibaca oleh murid dan anak-anak. Selain itu, aplikasi ini juga sangat berguna bagi akademisi untuk mengerjakan tugas kampus, membuat jurnal, atau laporan penelitian. Bagi penulis buku selfpublishing, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menulis dan mengedit buku elektronik yang ditulis sendiri.

Sumber : TechRadar.com


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com