Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Dua "Bos Baru" RIM

Kompas.com - 23/01/2012, 13:11 WIB

KOMPAS.com — Kedua pendiri Research In Motion, co-CEO Mike Lazaridis dan co-Chairman Jim Balsillie, memutuskan mundur dari jabatannya, Minggu (22/1/2012). Keduanya akan digantikan oleh Thorsten Heins dan Barbara Stymiest.

Thorsten Heins adalah mantan Chief Operating Officer di RIM. Promosi Heins sebagai CEO RIM memang cukup gencar dilakukan para pemegang saham. Kini, ia menjabat sebagai CEO, menggantikan Lazaridis.

Heins tergolong pendatang baru di RIM. Ia bergabung di RIM sejak Desember 2007, menjabat sebagai Senior Vice President of Hardware Engineering. Barulah pada Agustus 2011, Heins naik jabatan sebagai Chief Operating Officer for Product and Sales.

Sebelum bergabung dengan RIM, Heins sempat bekerja untuk Siemens.

Adapun Barbara Stymiest, yang kini menjabat sebagai Chairman, juga tergolong pendatang baru di RIM. Ia bergabung di jajaran dewan direksi pada Maret 2007.

Awal Januari 2012, namanya mulai disebut-sebut untuk menggantikan Balsille. Stymiest pun saat ini masih menjabat sebagai eksekutif di Royal Bank of Canada.

RIM saat ini sedang berada dalam pesakitan bisnis yang tidak dapat dihindari. Pemegang saham RIM sejak lama telah meminta adanya perubahan struktur organisasi di perusahaan asal Waterloo, Kanada, tersebut. Apalagi BlackBerry mulai kehilangan pamornya di negara-negara tertentu, seperti AS yang tadinya merupakan pasar utama BlackBerry.

Meski kedua pendiri RIM, Lazaridis dan Balsillie, tak lagi memegang posisi pimpinan, keduanya akan tetap menjadi anggota dewan direksi RIM. Lazaridis bahkan masih memegang posisi sebagai Vice-Chair (wakil dari Stymiest) dan Ketua Komite Inovasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com