Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama Ajak Ngobrol Warga dengan YouTube dan Google Plus

Kompas.com - 25/01/2012, 10:36 WIB

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama rupanya masih terus mempertahankan status sebagai "Presiden Internet".  Semua akun jejaring sosial miliknya sangat terawat dan mampu membuat Obama selalu terhubung dengan warganya. Kali ini Obama memanfaatkan YouTube agar pengguna YouTube, terutama warga AS, bisa melakukan wawancara dengannya.

Tentu saja wawancara tidak dilakukan secara langsung, seperti format video conference karena tidak fasilitas untuk itu di YouTube. Untuk mengakali keterbatasan tersebut, tim Gedung Putih akan menggunakan fasilitas video conference yang ada di Google+, Hangout.

Jika Anda membuka YouTube sejak tanggal 24 Januari 2012 dan menemukan gambar telepon berwarna merah di samping logo YouTube, itulah link menuju channel Gedung Putih yang digunakan Obama untuk wawancara.

Melalui channel YouTube The White House, Obama menyampaikan pesannya, yang mendapat dukungan penuh dari YouTube dan Google+. Sejak tanggal 24 hingga 28 Januari 2012, pengguna YouTube bisa mengirimkan pertanyaan kepada Obama dan bisa memilih pertanyaan orang lain yang dianggap layak untuk ditanyakan kepada Obama.

Obama akan menjawab pertanyaan yang memiliki jumlah voting paling banyak, pada 30 Januari 2012, langsung dari Gedung Putih. Orang-orang yang terpilih itu akan diundang Obama bergabung dalam Google+ Hangout Live untuk berbincang dengannya secara langsung.

Wawancara Obama dan beberapa orang pilihan tersebut akan disiarkan secara langsung dan dapat ditonton di kanal YouTube Gedung Putih.

Hingga hari ini, meski baru satu hari dibuka, pertanyaan yang terkumpul sudah berjumlah lebih dari 84 ribu pertanyaan. Gedung Putih sendiri sudah mengingatkan bahwa Presiden Obama tidak menerima pertanyaan seputar pemilihan umum, sehingga banyak pengirim pertanyaan yang fokus kepada isu SOPA, PIPA, dan ACTA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com