Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya iPhone 4S dan iPad 2 "Terbebas dari Penjara"

Kompas.com - 26/01/2012, 09:31 WIB

KOMPAS.com - Akhirnya iPhone 4S dan iPad 2 yang sebelumnya sangat "kuat" dapat dibobol juga pertahanannya. Adalah program Absinthe A5 yang berhasil membuat dua perangkat Apple terbaru dengan iOS versi 5 tersebut di-jailbreak dengan sempurna untethered.

Sebelumnya, para "pengoprek" kesulitan membongkar pertahanan dua perangkat Apple itu karena keduanya menggunakan prosesor keluaran terbaru, Apple A5.

Biasanya, setiap kali Apple merilis produk mobile baru tak lama akan muncul program/cara untuk men-jailbreak-nya. Namun, tak berlaku untuk iPad 2 dan iPhone 4S.

Program jailbreak Absinthe A5 tersebut berhasil memikat perhatian penggemar Apple yang suka mengutak-atik perangkat mobile mereka. Baru tiga hari dirilis, Absinthe A5 sudah diunduh hampir 1 juta kali.

Absinthe A5 dirilis oleh kelompok "underground" Chronic Dev Team dan iPhone Dev Team, pada Jumat (20/1/2012).

Tiga hari kemudian, Senin (23/1/2012), kelompok ini melaporkan bahwa Absinthe A5, telah digunakan untuk jailbreak 491.325 perangkat iPhone 4S, 308.967 iPad 2, dan 152.940 iPad 2S.

Proses jailbreak dapat memberi beberapa keuntungan. Misalnya, performa perangkat Apple Anda akan lebih cepat karena Anda dapat menghapus aplikasi bawaan yang dianggap kurang penting. Anda juga bisa menikmati aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga (Cydia) yang tidak disetujui Apple.

Jika Anda merasa perangkat yang sudah di-jailbreak kurang nyaman digunakan, maka Anda dapat mengembalikan kondisi seperti semula melalui restore dari iTunes.

Namun,  jailbreak akan menghilangkan garansi resmi dari Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com