Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Jadi Idola, PlayBook Merana di Jakarta

Kompas.com - 26/01/2012, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tablet dari Samsung sejauh ini jadi idola pembeli di Jakarta. Sebaliknya, BlackBerry PlayBook jadi tablet yang paling sepi kiprahnya di Ibu Kota.

Demikian hasil pengamatan dan penelusuran yang dilakukan Kompas.com ke beberapa toko serta distributor yang ada di Jakarta.

Di toko V3 Technology, Ratu Plaza, semua tipe tablet yang dihadirkan Samsung menarik minat banyak pembeli. "Tapi, penjualan Galaxy Note paling banyak," kata Michael Gomulya, manajer toko V3 Technology, kepada Kompas.com, Rabu (25/1/2012).

Fitur unggulan yang banyak disukai adalah kemampuan menerima dan melakukan panggilan telepon. Selain itu, Michael menuturkan, pembeli juga melihat merek sebagai jaminan.  "Kami bisa menjual tablet Samsung sekitar 15 unit per bulan," tambahnya.

Ada juga faktor lain seperti harga jual (dan harga jual lagi) yang stabil. Menurut Michael ini sangat berbeda dengan, sebut saja, BlackBerry PlayBook yang terus-menerus diobral.

Di V3, Michael mengatakan, tersedia Galaxy Note dan semua varian Galaxy Tab. Selain itu ia juga menjual perangkat tablet lain seperti Acer Iconia.

Tapi, pembeli yang berkantung cekak menurutnya lebih berminat terhadap vendor lokal. Beberapa di antaranya termasuk SpeedUp, yang di-bundling dengan Telkomsel, maupun tablet keluaran ZTE.

Faktor Online

Menurut Michael sekitar 70 persen dari penjualan tablet adalah konvensional (datang ke toko). Sisanya baru dari pengunjung website.

Tren yang dialami Michael agak berbeda dengan yang dialami JuraganGadget. Seperti dituturkan Abbi Angkasa, pendiri JuraganGadget.com, transaksi langsung yang difasilitasi situs meningkat 170 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com