5 Strategi RIM Bangkitkan BlackBerry - Kompas.com

5 Strategi RIM Bangkitkan BlackBerry

Kompas.com - 26/01/2012, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Rencana Research in Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry untuk beberapa bulan ke depan telah bocor di Internet. Setelah pergantian pucuk pimpinan, RIM telah merancang strategi khusus untuk tetap mempertahankan bisnisnya.

Menurut sumber, seperti dikutip dari Uber Gizmo, RIM akan memfokuskan diri terutama dalam 15 bulan ke depan. Hal itu sesuai dengan janji CEO RIM yang baru, Thorsten Heins yang hanya diberikan waktu kurang dari dua tahun untuk memperbaiki kinerja RIM.

Berikut bocoran strategi RIM yang bakal dilakukan setidaknya selama 15 bulan ke depan:

1. RIM bakal merilis platform BlackBerry 10. Rencananya OS terbaru ini bakal dirilis pertengahan tahun ini

2. Menunggu peluncuran BlackBerry 10, RIM dikabarkan bakal meluncurkan dua ponsel dengan OS Blackberry 7 di negara berkembang dan pasar global. Ponsel yang dikeluarkan adalah BlackBerry Curve 9230 (EDGE) dan Blackberry Curve 9320 (HSPA).

Mungkin akan kelihatan aneh karena di saat vendor lain menggeber ponsel dengan teknologi 3G ke atas, RIM malah membuat ponsel dengan dukungan jaringan EDGE. Bisa jadi ini dilakukan untuk menekan harga ponselnya. Tapi, akan kita tunggu kiprahnya, apakah mampu untuk diserap pasar?

3. BlackBerry Playbook akan dibenamkan prosesor 1,5Ghz. Belum jelas apakah prosesor tersebut hanya single core atau sudah dual core. Jaringannya sudah dinaikkan untuk bisa mendukung HSPA dengan kecepatan hingga 42 Mbps serta adanya teknologi Near Field Communication (NFC). Rencananya tablet ini bakal dirilis pada Mei atau Juni.

4. BlackBerry London masih akan tetap diluncurkan sesuai prediksi semula yaitu pada September 2012

5. Perangkat yang mendukung OS Blackberry 10 akan menjadi bagian dari seri Bold dengan kelengkapan papan ketik QWERTY serta tetap memakai layar sentuh. Ponsel tersebut akan hadir pada Desember 2012. Perangkat lain dengan OS yang sama bakal hadir dengan desain slide QWERTY. Rencananya akan hadir pada kuartal I-2013

Memang bocoran ini bukan bersifat resmi dari RIM. Tapi pernyataan resmi mungkin bisa ditampilkan oleh RIM, setidaknya pada ajang Mobile World Congress di Barcelona bulan depan.

EditorWicaksono Surya Hidayat
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM