Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penipuan Catut Nama iPad 3 dan Mark Zuckerberg

Kompas.com - 29/01/2012, 17:29 WIB

KOMPAS.com — Apple memang belum secara tegas mengatakan akan hadirnya produk bernama iPad 3. Namun, penipu di dunia maya sudah menggunakan nama gadget itu dalam aksinya.

Upaya penipuan tersebut ditemukan oleh Symantec, seperti diungkap dalam blog resmi produsen peranti lunak keamanan tersebut. Gilanya, tak hanya iPad 3, para penipu juga mencatut nama Mark Zuckerberg.

E-mail tipuan itu mengaku berasal dari Mark Zuckerberg atau resmi dari Facebook. Di dalamnya dijelaskan bahwa Facebook dan Apple sedang menggelar promosi untuk mendapatkan iPad 3 secara gratis.

Lewat aksi itu, calon korban dipancing untuk mengklik sebuah tautan dan mengisi sebuah survei online. Padahal, yang diincar adalah informasi yang dimasukkan pengguna ke isian tersebut.

Nantinya, informasi yang dimasukkan akan digunakan untuk mengirimkan aksi penipuan dan e-mail promosi lainnya pada masa yang akan datang. Diduga, pelaku juga mendapatkan uang dari setiap klik tautan survei yang dilakukan korbannya.

Jika Anda menemukan aksi penipuan yang mengatasnamakan Facebook, kunjungi halaman khusus di Facebook untuk melaporkan penipuan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com