Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Onno Berharap Pemerintah Sudi "Intip" Inovator Muda

Kompas.com - 30/01/2012, 15:57 WIB

KOMPAS.com - Penggiat teknologi informasi, Onno Purbo, berharap pemerintah bersedia melihat kemampuan para inovator muda Indonesia. Ia sendiri mengaku sangat terkesan dengan potensi munculnya inovasi dari generasi muda di Tanah Air.

"Saya sangat terkesan dengan proyek-proyek besar yang dikirimkan generasi muda Indonesia dan berharap pemerintah dapat melihat kemampuan luar biasa ini, yang membuat Indonesia memiliki kelebihan yang kompetitif dibandingkan negara-negara tetangga," ujar Onno.

Komentar Onno secara umum ditujukan pada banyaknya inovasi di kalangan anak muda Indonesia. Namun ia juga secara spesifik berkomentar dalam perannya sebagai mentor di kompetisi Do Network.

"Saya telah membaca sebagian besar proyek yang dikirimkan dan mendapatkan banyak proyek-proyek bagus yang sudah mendapatkan lebih dari 2.000 vote," kata Onno.

Kompetisi Do Network dari Lenovo saat ini diumumkan telah meraih 1.521 gagasan yang diajukan. Jumlah gagasan yang berasal dari Indonesia adalah 614.

"Kami sangat senang dengan besarnya minat terhadap Do Network di Indonesia dan dengan kualitas proyek-proyek yang telah dikirim sampai saat ini," kata Sandy Lumy, Country General Manager, Lenovo Indonesia.

Tahap pertama kompetisi itu memiliki tema "Penemuan Teknologi". Kategori tantangannya adalah: pendidikan portabel, kemacetan lalu lintas dan produk inovatif, serta satu tantangan bebas (wildcard).
 
Beberapa Proyek Menarik

Dalam keterangannya, Lenovo menyampaikan beberapa contoh proyek yang dianggap menarik yang diikutsertakan dalam Do Network. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • ClassPluss, yaitu pendistribusian materi-materi pendidikan tambahan dalam bentuk program-program dengan target daerah-daerah terpencil;
  • @InfoJalanKaki, aplikasi berbasis Android yang diinstal pada tablet Lenovo yang memungkinkan para pejalan kaki untuk memberikan informasi tentang jalan;
  • umkm-dot-com, solusi total sistem online UMKM  yang  memungkinkan UMKM yang tidak memiliki akses ke perbankan untuk mendapatkan akses ke fasilitas-fasilitas kredit bank dan hal-hal lain.


"Kami mengharapkan ide-ide yang unggul akan ditingkatkan menjadi solusi-solusi nyata selama masa kampanye ini. Kami mengajak masyarakat untuk ikut serta melakukan voting sehingga mereka bisa melihat proyek-proyek favorit mereka menjadi kenyataan," tutur Sandy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com