Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Pertahankan Gelar Produsen Ponsel Terbesar

Kompas.com - 31/01/2012, 10:13 WIB

KOMPAS.com - Bila Anda mengira perlombaan bisnis ponsel dunia saat ini hanya diikuti oleh Android dan Apple, berarti Anda salah.

Nokia, vendor ponsel asal Finlandia yang seperti sedang meredup, ternyata masih menjadi produsen ponsel dengan total pengiriman terbesar sepanjang tahun 2011, mengalahkan Samsung dan Apple.

Berdasarkan penelitian lembaga riset Strategy Analytic, Nokia berhasil mempertahankan gelar sebagai vendor yang mengirimkan ponsel paling banyak sepanjang tahun 2011.

Total pengiriman Nokia sepanjang 2011 mencapai 417,1 juta ponsel. Sementara Samsung dan Apple, masing-masing mengirim 327,4 juta dan 93 juta unit sepanjang 2011 lalu.

Pada kuartal terakhir tahun 2011, masih menurut data Strategy Analytic, total pengiriman Nokia mencapai 113,5 juta unit.

Setelah itu, menyusul Samsung dengan 95 juta unit lalu Apple dengan total pengiriman iPhone sebanyak 37 juta unit.

Kendati Apple berada di posisi 3 vendor yang paling banyak mengirim produknya, namun analis Strategy Analytic, Tom Kang tetap memuji prestasi Apple.

Menurutnya, tahun 2011 lalu Apple hanya mengirim tiga model iPhone, namun mereka mampu menaikkan total penjualan Apple hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2010, mengacu pada data Strategy Analytic.

"2012 adalah tahun kelima bagi Apple untuk bersaing di pasar ponsel dunia. Apple akan sukses dengan mengirimkan lebih dari 100 juta unit di tahun 2012 ini. China akan menjadi pasar yang penting untuk Apple, dan kami berharap penguasaan pangsa pasar Apple bisa berkembang cepat, meskipun banyak pesaing yang meniru produk Apple" tutup analis Tom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com