Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dragon Search, Mencari Informasi dengan "Suara"

Kompas.com - 31/01/2012, 16:14 WIB

KOMPAS.com - Selain menawarkan layanan pengkonversi suara ke teks untuk SMS dan e-mail, Nuance Communications juga menawarkan fitur serupa yang digunakan untuk pencarian konten menggunakan mesin pencari yaitu Dragon Search.

Yang istimewa dari aplikasi ini adalah memungkinkan pengguna ponsel bisa mencari konten dengan hasil pencarian dari beragam website sekaligus, yakni Wikipedia, YouTube, Google, Yahoo, Twitter, Facebook, dan iTunes.

Hari ini, Selasa (31/1/2012), aplikasi ini sudah tersedia di Apple App Store Indonesia dan mampu bekerja dengan suara berbahasa Indonesia.

Aplikasi yang bisa berjalan di iOS 5 ini, bekerja dengan mengandalkan suara penggunanya.

Selama ini Dragon Search tersedia di AS, Kanada, Meksiko, Inggris, Jerman, Jepang, Cina, Taiwan, Hongkong, Korea, Australia, Denmark, Brasil, Austria, Belgia, Finlandia, Perancis, Hungaria, Italia, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Indonesia merupakan negara ke-28 untuk peluncuran aplikasi ini.

Aplikasi ini sudah bisa mengenali Bahasa Indonesia sehingga Anda tidak perlu mengucapkan konten dalam Bahasa Inggris.

"Anda juga bisa menggunakan bahasa Inggris dan Bahasa lain yang Anda kuasai, namun jangan lupa untuk mengubah pengaturan bahasa agar aplikasi tidak bingung mendeteksi suara Anda," ujar Stuart Sharpe, Senior Director, Asia Pacific, Sales Engineering, Nuance Coomunications, Inc, dalam jumpa pers di Hotel Four Season, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com