Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tawaran Theme Gratis "Valentine Day" Palsu Beredar di Facebook

Kompas.com - 01/02/2012, 18:29 WIB

KOMPAS.com - Pengguna situs jejaring sosial Facebook baik yang mengakses via perangkat mobile atau PC harus waspada. Pasalnya, di situs besutan Mark Zuckerberg tersebut sedang banyak beredar malware berkedok Valentine.

Adalah Trend Micro, perusahaan keamanan Internet, yang telah menemukan dan mengidentifikasi malware Valentine tersebut.

Kegiatan clickjacking yang memanfaatkan momen hari kasih sayang (Valentine day) tersebut sudah memulai menjalankan aksinya, jauh sebelumnya perayaan yang jatuh pada tanggal 14 Februari.

Serangan itu dimulai dengan sebuah posting di Wall Facebook, yang berisi ajakan untuk meng-klik dan meng-install theme gratis untuk mengubah tampilan halaman Facebook dengan nuansa khas Valentine Day.

Trend Micro mendeteksi installer tersebut sebagai TROJ_FOOKBACE.A dan ketika dieksekusi maka TROJ_FOOKBACE.A akan mengeksekusi sebuah script yang menampilkan iklan dari situs-situs tertentu.

Dari pantauan Trend Micro terhadap aktifitas browser, TROJ_FOOBACE.A  sampai saat ini tidak terjadi teknik pencurian data. Tapi, Trend Micro, tetap memberikan peringatan agar pengguna tetap berhati-hati terhadap jebakan theme gratis bernuansa Valentine ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com