Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Belajar Langsung dari Fred Deakin, Pakar Animasi Inggris

Kompas.com - 01/02/2012, 23:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Soal kemampuan membuat animasi, orang Indonesia sebenarnya tidak kalah. Banyak sekali animator asal Indonesia yang mencetak prestasi mengagumkan di kancah internasional. Produk-produk anaimasi di Tanah Air pun tak kalah kualitasnya.

Masih ingat animasi dengan lakon bajaj yang bisa berubah menjadi robot seperti Transformers kan? Ya, animasi buatan Lakon Animasi, sebuah kelompok pelatihan animasi di Solo, itu sempat membuat decak kagum di internet karena kualitas penggarapan yang mengagumkan.

Nah, tapi tantangannya sekarang adalah bagaimana membuat karya animasi agar bisa menembus pasar global. Belajar langsung dari Fred Deakin, pakar animasi dan pop culture dari Inggris, tak boleh dilewatkan. Fred Deakin akan hadir dalam acara Hellofest 8 Anima Expo, Sabtu, 4 Februari 2012, di Balai Kartini hasil kerja sama Hellomotion dengan British Council.

Sebelumnya, Fred Deakin akan memberikan workshop kepada para animator 2D dan 3D di Indonesia serta para finalis HelloFest 8, pada 3 Februari 2012, dengan tema "Internationalized Animation & Motion Art Product".

"Fred Deakin Wahyu Aditya (HelloMotion) akan membahas trik-trik menghasilkan karya yang unik, mengenali pasar yang sesuai untuk karya kita, cara memasukkan karya ke pasar, serta cara mengembangkan bisnis kreatif yang kita miliki," demikian pernyataan yang dikutip Kompas.com dari halaman fans Facebook British Council Indonesia.

Di hari yang sama, Fred dan Wahyu akan menggelar proses penjurian untuk HelloFest Short Film Competition. Acara ini khusus untuk para finalis Hellofest Short Film Competition, BC Friends.

Sementara pada 4 Februari 2012, Fred Deakin akan melakukan sharing session di HelloFest tentang industri pop culture di Inggris. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum di Kartika Expo dan Gedung Balai Kartini, Jl Gatot Subroto, Jakarta, pukul 20.55-21.30 WIB. Pada sharing session ini, Fred Deakin akan memberikan gambaran umum tentang perkembangan dan inovasi industri pop culture di dunia.

Multitalenta

Di negaranya, Fred Deakin dikenal sebagai seorang yang multitalenta. Selain dikenal sebagai pakar pop culture, Fred juga dikenal sebagai seorang DJ dan pendiri Airside Atudio. Airside adalah studio desain grafis, ilustrasi, digital, serta interactive and moving image yang sudah memenangkan berbagai penghargaan di Inggris. Klien-kliennya mencakup Panasonic, Nokia, BBC, and Virgin Atlantic.

Fred Deakin ini juga salah satu personel dari band elektronik Lemon Jelly, yang sudah dapat beberapa nominasi di Mercury & Brits Awards. Band ini termasuk salah satu yang berperan signifikan dalam meramaikan industri pop music culture di Inggris.

Sebagai pelaku industri kreatif dan pop culture, Fred Deakin sudah membagi pengalamannya di berbagai presentasi dan kuliah umum, serta menjadi chairman di berbagai kegiatan konferensi dan institusi seni, seperti TED, V&A, onedotzero, Design Museum, London Business School, London College of Communication and Royal College of Art, London. Jadi, kalau pengin menjadi pelaku industri kreatif, jangan lewatkan sharing session dari Fred Deakin di HelloFest!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com