Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 21 Karyawan Pertama Facebook

Kompas.com - 03/02/2012, 14:38 WIB

blogrunner

KOMPAS.com - Facebook yang dibangun oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 kini telah menjelma menjadi raksasa TI dunia yang tengah bersiap menjual sahamnya ke publik.

 

Di balik kesuksesan Facebook, ada 21 karyawan pertama yang membangun perusahaan ini. Namun, 18 orang diantaranya justru kini sudah tak berada di Facebook dengan beragam alasan pribadi. Siapa saja mereka?

Empat orang memilih pindah ke perusahaan teknologi yang lain, inilah mereka.

1. Steve Chen
Adalah Senior Software Engineer di Facebook yang hanya bekerja beberapa bulan di Facebook pada tahun 2005. Ia keluar lalu menjadi salah satu dari tim pendiri Youtube.

2. Nick Heyman

Adalah Direktur Operasional Facebook sejak April 2005 hingga Januari 2007. Kini ia bekerja sebagai Manager Operasional Twitter.

3. Dan Neff
Adalah Build atau Realese Engineer Facebook sejak Mei 2005 hingga Oktober 2005. Kini ia bekerja sebagai Realease atau Operations Lead di Adobe Systems.

4. Gilles Mischler
Adalah SiteOps Engineer Facebook sejak Juni 2005 hingga Mei 2010. Kini ia bekerja sebagai Network Engineer Nokia.

Dua orang memilih mendirikan perusahaan startup sendiri.

1. Dustin Moskovitz
Adalah CTO pertama Facebook yang pernah menjadi teman sekamar Zuckerberg di Harvard. Ia mengikuti jejak Zuckerberg untuk drop out dari Harvard dan pindah ke California untuk membangun Facebook.

Bekerja di Facebook sejak Februari 2004 hingga November 2009. Saat ini Moskovitz sudah bekerja di PT. Asana, startup yang dibangunnya sendiri.

2. Adam D'Angelo
Adalah CTO Facebook sejak November 2006. D'Angelo adalah teman SMA Zuckerberg. Kini ia meninggalkan Facebook dan mendirikan startup Quora.

Empat orang tidak diketahui keberadaannya dan tempat kerja barunya :

1. Andrew McColum
McColum adalah orang yang pertama kali mendesain logo Facebook. Bekerja sebagai teknisi Facebook sejak Februari 2004 hingga September 2006. Belum ada kabar, dimana ia bekerja kini.

2. Ezra Callahan
Adalah teman sekamar Sean Parker. Sebelumnya sebagai manajer Internal Communication dan Product Manager Facebook sejak Desember 2004 hingga Juli 2010. Belum ada kabar, dimana ia bekerja kini.

3. Naomi Gleit
Adalah Product Manager On Growth Facebook sejak April 2005. Tak diketahui kabar terbaru tentang dimana Gleit bekerja sekarang.

4. James Pereira

Adalah Engineer Facebook sejak Juli 2004 hingga Agustus 2007. Hingga kini, tidak ada yang tahu dimana keberadaannya dan dimana ia bekerja setelah meninggalkan Facebook.

Delapan orang memiliki profesi yang beragam setelah keluar dari Facebook :

Halaman:
Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com