Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24 Jam Menggalang Developer

Kompas.com - 03/02/2012, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama 24 jam, 800-an developer akan ditempa untuk menghasilkan aplikasi untuk Windows Phone. Hal ini dilakukan dalam kegiatan bertajuk Nokia Lumia Developer Day.

Kegiatan yang diadakan 4-5 Februari 2012 di Graha Manggala Siliwangi, Bandung, itu akan mendatangkan 800-an developer yang siap melakukan coding 24 jam membuat aplikasi Windows Phone.

Setelah itu, Microsoft dan Nokia akan menggelar roadshow di beberapa kampus ternama di Indonesia. Termasuk Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Parahyangan, Universitas Gajah Mada, STMIK Akakom Yogya, Universitas Kristen Petra dan STIKOM Bali.

Irving Hutagalung, Audience Marketing Manager and Entrepreneurship Program Manager Microsoft Indonesia mengatakan, puncaknya adalah Imagine Cup Indonesia. Meski kompetisi itu tidak spesifik untuk Windows Phone, Irving mengatakan akan ada workshop khusus Windows Phone dalam rangkaiannya.

"Untuk Imagine Cup, biasanya cukup banyak juga yang menghadirkan aplikasi mobile," kata Irving.

Banyak Perspektif

Narenda Wicaksono, Developer Operation Manager Nokia Indonesia, mengatakan dalam kegiatan itu peserta akan mendapatkan masukan mengenai pengembangan aplikasi di platform Windows Phone.

Sehingga, ujarnya, variasi aplikasi yang dihasilkan bisa semaksimal mungkin. "Akan ada pembicara yang bisa memberi perspektif yang bermacam-macam, misalnya mengembangkan aplikasi streaming, cloud computing dan lain-lain," tutur Narenda.

Pria yang akrab disapa Naren itu mengatakan basis developer Nokia saat ini memang beragam. Nah, mereka yang mengincar segmen smartphone akan diarahkan untuk Windows Phone.

Namun, ia menambahkan, yang paling penting adalah memberikan masukan pada developer untuk bisa menghasilkan produk yang hebat dan yang bisa dimanfaatkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com