Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Android, Google Docs Bisa Diakses "Offline"

Kompas.com - 05/02/2012, 07:22 WIB

googlemobile.blogspot.comTiga screen shot Google Docs untuk ponsel pintar Android

KOMPAS.com — Google Docs kini bisa dibaca meski akses internet terputus atau secara offline. Pengguna ponsel ataupun tablet Android bisa mengakses dokumen, file presentasi, spreadsheet, foto, dan file dengan format PDF, DOC, XLS, dan PPT.

 

Untuk dapat mengakses Google Docs secara offline, pengguna Android harus melakukan update aplikasi Google Docs terbaru dari Android Market.

Secara otomatis, pengguna bisa tetap membuka dan melakukan pengaturan Google Docs meskipun koneksi internet tiba-tiba terputus.

Sebaliknya, pengguna bisa tetap membuka Google Docs versi offline meskipun sudah tersambung ke jaringan internet. File akan otomatis ter-update setiap kali pengguna terhubung ke internet.

Terdapat cara yang berbeda untuk membuat file offline di antara tablet dan smartphone. Untuk tablet, pengguna bisa membuka jendela pratinjau dan pilih kotak centang di sebelah pilihan "make offline" yang tersedia.

Adapun pengguna smartphone bisa mengklik langsung pada file selama tiga detik, lalu menyentuh tulisan "make available offline".

Jadi, untuk dapat mengakses dokumen di Google Docs secara offline, Anda harus melakukan langkah di atas.

Bagaimanapun, aplikasi Google Docs terbaru ini hanya membantu untuk mengakses file dan belum bisa digunakan untuk mengedit.

Konsep ini sama dengan konsep GMail Offline pada browser Google Chrome. Google masih akan mengembangkan penelitian agar Google Docs bisa lebih bermanfaat bagi penggunanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com