Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Nomor Satu Google di India "Dibajak" Twitter

Kompas.com - 07/02/2012, 12:41 WIB

KOMPAS.com — Twitter telah mengisyaratkan keinginannya untuk mengembangkan bisnis dan pendapatannya di Asia. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Twitter sampai harus "membajak" salah satu petinggi Google.

Seperti diungkapkan oleh Economic Times India, Twitter merekrut Shailesh Rao, Direktur Google India yang juga menjabat sebagai Direktur Media dan Platform Google Asia Pasifik. Pria kelahiran Kanada ini biasanya menangani iklan di benua Asia, khususnya India. Rao dikabarkan telah meninggalkan Google sejak 3 Februari lalu.

Seperti dikabarkan Business Week, Rao akan bergabung dengan Twitter mulai akhir bulan ini dan langsung bekerja menangani iklan di Twitter. Tetapi, Twitter belum menjelaskan posisi dan tugasnya secara spesifik.

Sekadar catatan, Twitter mulai mengembangkan bisnis untuk pasar di luar Amerika Utara dan pasar Eropa. Sasaran pasar paling empuk berikutnya adalah Asia.

Berdasarkan riset e-Marketer, Twitter memperkirakan pendapatan iklannya bisa meningkat tiga kali lipat dalam dua tahun ke depan dan mencapai 540 juta dollar AS pada 2014.

Dengan merekrut Rao, terutama karena dia sudah piawai dan menguasai pasar Asia, maka potensi untuk meningkatkan pendapatan di kawasan Asia akan semakin besar.

Apalagi dengan pengalaman Rao di India serta pemblokiran layanan Twitter di China, maka diharapkan sekitar 1,17 miliar masyarakat India bisa menjadi pasar yang empuk bagi Twitter.

Seorang juru bicara Google pun menegaskan keberangkatan Rao dalam sebuah siaran pers yang dirilis pada Jumat 3 Februari 2012. Berikut ini kutipannya:

"Kami berterima kasih atas kontribusi Rao ke Google dan terutama Google India. Harapannya Rao bisa menemukan masa depan yang cerah di kantor barunya nanti.

Rao baru saja menerima penghargaan sebagai Internet Professional of The Year dari Internet Mobile Association of India (IAMAI). Rao bergabung dengan Google sejak Maret 2005 sebagai Direktur of Local Search Based yang berbasis di Mountain View.

Semenjak bergabung dengan Google, Rao telah terlibat dalam peluncuran Google Maps dan Google Earth di sejumlah negara berkembang, sebelum dia pindah dan mengepalai Google India pada 2007".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com