Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Hentikan Paket Data "Unlimited"

Kompas.com - 10/02/2012, 14:45 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Paket akses internet unlimited yang dikeluarkan operator telepon seluler XL sudah dihentikan. XL pun tidak akan menggarap bisnis paket data unlimited ini karena dinilai tidak menguntungkan.

Hal ini disampaikan Chief Executive Officer XL Axiata, Hasnul Suhaimi, Rabu (8/2/2012), di Axiata Center, Kuala Lumpur, Malaysia. "XL tidak akan lagi menjual unlimited paket data karena mengganggu jaringan," ujarnya.

Ia mencontohkan, untuk penggunaan paket unlimited yang dilakukan 3-4 pelanggan bisa menggunakan 40 persen jaringan. Sementara sisa pelanggan harus berbagi jaringan sisanya.

Dengan demikian, meski banyak permintaan pelanggan untuk kembali mengadakan paket unlimited XL, operator seluler itu tidak akan membukanya kembali. "Kami hilangkan paket-paket yang merugikan pelanggan juga karena pemakaian satu pelanggan berpengaruh ke lainnya," papar Hasnul.

Chief Operating Officer XL, Willem Lucas Timmermans, mengatakan, saat ini pihaknya tengah memfokuskan pada kepuasan pelanggan pada akses data.

"Unlimited is impossible karena nilai kepuasan dan pengalamannya menurun. Kami ingin pelanggan dipuaskan dengan jaringan yang baik," ucapnya.

Dengan paket data lain, kata Wim, volume data bisa mencapai 4 GB. Hal ini jauh berbeda saat paket unlimited diterapkan. Saat itu, volume data hanya bisa mencapai 2 GB. Kecepatan akses internet dengan dihapuskannya sistem unlimited juga berhasil meningkat sampai 512 Mbps.

"Dengan kecepatan baik, volume yang bagus, maka akan lebih mudah pengaturan terhadap penggunaan berlebihan," tandas Wim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com