Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bocoran" Fitur dan Antarmuka BlackBerry 10

Kompas.com - 15/02/2012, 16:58 WIB

KOMPAS.com Screenshot sistem operasi BlackBerry 10 yang menurut RIM akan dirilis akhir tahun 2012 telah beredar di internet. Research in Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry tampaknya telah kecolongan.

Adalah situs teknologi Crackberry yang pertama menyebarkan bocoran gambar tampilan OS BlackBerry 10 (BB 10) tersebut. Screenshot BB 10 ini berasal dari dokumen setebal 14 halaman yang disiapkan oleh salah satu mitra eksternal RIM yang mengurusi biro iklan untuk BlackBerry 10.

Yang menarik dari bocoran tampilan tersebut, terlihat RIM menggunakan antarmuka BB 10 yang mirip dengan antarmuka BlackBerry PlayBook.

Bedanya, RIM membuat tiga ikon baru untuk menjadi tombol menu virtual (kapasitif), yaitu tombol telepon, pencarian, dan kamera. Perubahan tombol menu ini terkesan mengikuti metode yang dipakai di antarmuka Apple iOS.

Fitur baru lain yang terlihat dari screenshot itu adalah adanya dukungan widget yang terletak di homescreen. Ada empat widget yang terdapat di tampilan muka BlackBerry 10, yaitu cuaca, telepon, musik, dan peta.

Uniknya, ikon-ikon di BlackBerry 10 akan menunjukkan isi di dalamnya. Misalnya, ikon picture menunjukkan foto dari album yang bisa dilihat secara thumbnail, sedangkan ikon clock bisa menampilkan alarm berikutnya yang telah ditetapkan sebelumnya.

Bocoran gambar lainnya menunjukkan adanya universal inbox, sama seperti di BlackBerry PlayBook 2.0. Layar panggilan juga memiliki tampilan baru yang lebih ramping. Selain itu, tampilan video chat dan panggilan video (video call) juga dipermudah dengan menggunakan kamera depan.

Dengan kehadiran tampilan antarmuka BlackBerry 10 ini setidaknya akan membuat RIM bisa sedikit unjuk diri di tengah persaingan perangkat Apple, Google Android, dan Windows Phone.

Tampaknya, RIM juga bakal menunjukkan kemampuan OS BlackBerry 10 ini di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, akhir bulan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com