Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hargai Desainer Muda, GantiBaju.com Dukung Nirmana Award

Kompas.com - 16/02/2012, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah penghargaan bertajuk Nirmana Award akan digelar untuk mengapresiasi kreativitas desainer muda Indonesia. Pelopornya, situs GantiBaju.com.

Penghargaan ini tak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi tempat untuk pembekalan dan perluasan jaringan bagi para para desainer muda Indonesia (18-24 tahun).

Nirmana Award diselenggarakan oleh Nirmana Committee. Acara yang digagas oleh GantiBaju.com ini bertujuan memberdayakan industri kreatif Indonesia.

Nirmana Comittee terdiri dari pelaku industri kreatif, desainer, profesional, asosiasi-asosiasi desain (Asosiasi Desain Grafis Indonesia, Forum Desain Grafis Indonesia), asosiasi-asosiasi periklanan (Art Directors Club, PPPI).

Anang Pradipta, ketua panitia sekaligus salah satu pendiri GantiBaju.com, mengatakan GantiBaju.com selama ini mengandalkan kerja kreatif desainer kaos.

"Tapi banyak orang yang mengatakan kepada saya bahwa apresiasi terhadap desainer di GantiBaju.com belum memadai," tutur Anang dalam jumpa pers di kampus Bina Nusantara Internasional, Jakarta, Kamis (16/2/2012).

Ternyata, ujar Anang, apresiasi untuk desainer juga belum memadai di skala Indonesia. Itulah mengapa GantiBaju.com kemudian menggelar Nirmana Awards.

Anang menambahkan, GantiBaju.com telah memiliki 25 ribu desainer kaos yang karyanya diseleksi untuk diproduksi sebagai kaos yang dijual di website tersebut.

Namun GantiBaju.com menangkap masih kurangnya apresiasi bagi karya-karya desainer muda Indonesia, padahal ada begitu banyak potensi yang patut menerima penghargaan secara resmi.

Nirmana Award nantinya akan berbentuk serangkaian kegiatan mulai dari Roadshow di 27 kampus di kota-kota besar di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com