Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Panel 8 Inci, Apple Jadi Bikin iPad Mini?

Kompas.com - 17/02/2012, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Belum reda rumor soal iPad 3, tablet keluaran Apple kembali membuat berita baru. Beberapa hari yang lalu, sempat tersiar kabar bahwa Apple sedang menguji coba perangkat tablet dengan ukuran layar 8 inci. Perangkat tersebut lebih kecil dari iPad generasi sebelumnya yaitu 9,7 inci.

Kabar ini datang dari The Wall Street Journal yang mendapat informasi dari pemasok Apple di Asia bahwa Apple telah menunjukkan kepada mereka desain iPad yang lebih kompak, dengan resolusi layar yang sama dengan iPad 2.

Disebutkan juga Apple telah memulai pengerjaan panel untuk iPad yang lebih kompak tersebut dan Apple disebutkan akan bekerja sama dengan LG Display dari Korea Selatan dan AU Optronics dari Taiwan.

Tetapi, kabar tersebut hanya menjelaskan bahwa Apple hanya menguji desain iPad yang lebih kecil dan memproduksi secara massal perangkat tersebut. Bisa jadi ini hanya konsep atau sekadar prototipe.

Rumor ini sebenarnya tidak mengherankan bagi Apple. Gara-garanya, Apple pernah membicarakan kemungkinan akan membuat desain iPad lebih kecil, sejak Apple meluncurkan tablet perdananya pada 2010 lalu.

Bahkan saat masih ada Steve Jobs pada 2010 lalu, Apple juga pernah menguji coba tablet dengan ukuran berbeda. Walau Apple memutuskan untuk mengambil desain berukuran 9,7 inci sebagai tabletnya.

Persaingan bisnis
Sebenarnya, iPad hingga saat ini masih menjadi tablet dengan penjualan nomor satu di dunia. Tapi dengan kehadiran tablet Kindle Fire dari Amazon, Samsung Galaxy Tab, Nook dari Barnes & Noble dan Xyboard dari Motorola tersebut dikhawatirkan akan menggerus pangsa pasar iPad.

Sehingga Apple masih memiliki kesempatan untuk membuat tablet berukuran yang lebih kecil agar mampu bersaing dengan perangkat lain.

Namun ada spekulasi dari publikasi Taiwan Digitimes yang menyebut iPad dengan ukuran layar lebih kecil akan mulai diproduksi pada pertengahan 2012 dan kemungkinan akan dirilis pada akhir tahun ini.

Dengan kemungkinan Apple membuat iPad dengan layar lebih kecil, maka Apple mungkin bisa menjual tabletnya dengan harga yang lebih rendah atau sekitar 500 dollar AS sehingga akan terjangkau oleh pasar.

Bahkan dengan ukuran mini tersebut, pengguna memungkinkan bisa menggenggam perangkat tersebut lebih gampang atau lebih ringan dibanding ukuran yang lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com