Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Produk yang Bikin Apple Dilarang Jualan iPad

Kompas.com - 20/02/2012, 09:48 WIB

KOMPAS.com - Apple saat ini dalam masalah besar lantaran menggunakan nama iPad untuk produk tablet mereka di China. Bahkan, Apple terancam tak bisa menjual iPad di belahan dunia manapun.

Hal ini disebabkan oleh adanya kesamaan penggunaan nama antara produk iPad dari Apple, dan iPAD yang diproduksi oleh perusahaan teknologi asal China bernama Proview International Holding Ltd.

Dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Jumat waktu setempat (17/2/2012), Proview menunjukkan produk iPAD kepada wartawan. Nama iPAD dari Proview ini merupakan singkatan dari "Internet Personal Access Device," yang dikembangkan sejak 1998 lalu mulai dijual pada tahun 2000.

Hingga 2009, Proview telah memroduksi 10 ribu hingga 20 ribu produk iPAD.

Berdasarkan bentuknya, iPAD bukanlah sebuah komputer tablet, melainkan sebuah All in One PC yang mirip dengan produk iMac dari Apple, yang kala itu dipasarkan pada 1998.

Secara spesifikasi, iPAD dibekali monitor CRT 15 inci dengan resolusi 800 x 600, prosesor 256MHz, RAM 32MB, media penyimpanan data 16GB, dua port USB, 2 jack RJ-11, ethernet, port microphone, dan earphone, port keyboard dan mouse, serta port untuk koneksi dengan printer. Sedangkan sistem operasinya, iPAD berjalan dengan Linux atau Citrix.

Produk iPAD ini termasuk dalam bagian produk iFamily dari Proview. Perusahaan ini juga memroduksi perangkat lain, yang semua penamaan produknya diawali dengan huruh 'i'. Contohnya adalah iDVD, iClient, iPDA, dan iNote.

Proview sendiri mengalami kolaps pada 2010 akibat krisis global, dan mereka menelantarkan pabrik yang berlokasi di Shenzen, China.

Saat ini, Proview mengajukan tuntutan pada bea cukai setempat untuk memblokir ekspor dan impor iPad. Jika pengajuan Proview dikabulkan, praktis tak akan ada tablet Apple, iPad yang bisa beredar di dunia. Karena iPad yang dimanufaktur oleh Foxconn di China, tak bisa keluar dari China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com