Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android "Es Krim" Kurang Laris, "Jelly Bean" Segera Dirilis

Kompas.com - 20/02/2012, 14:28 WIB

KOMPAS.com - Rendahnya penggunaan Android versi terbaru, Ice Cream Sandwich (Android 4.0) di smartphone dan perangkat tablet sepertinya membuat Google bergerak cepat untuk segera merilis Android versi selanjutnya.

Google dikabarkan akan meluncurkan Android 5.0 yang diberi nama "Jelly Bean" pada kuartal II-2012 atau sekitar bulan Juni mendatang.

Seperti yang dilansir Digitimes yang mendapat informasi dari distributor yang berbasis di Taiwan, peluncuran "Jelly Bean" disebabkan karena penyerapan Ice Cream Sandwich telah gagal memenuhi harapan semula.

Hingga Februari 2012, Ice Cream Sandwich hanya dipakai sekitar satu persen dari perangkat ponsel dan tablet yang ada.

Salah satu ponsel yang baru memakai Ice Cream Sandwich adalah Galaxy Nexus, pada akhir tahun lalu.

Meski, beberapa bulan ke depan Ice Cream Sandwich diperkirakan akan banyak dipakai oleh perangkat Android lain, terutama saat beberapa vendor ponsel merilis perangkat terbarunya di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona akhir bulan ini.

Sementara versi Android yang yang paling banyak dipakai adalah Android Gingerbread (mulai versi 2.3.3 hingga 2.3.7) yang digunakan oleh 58,6 persen dari perangkat Android yang ada.

Peluncuran OS Android 5.0 ini juga disebut juga karena kehadiran Windows 8 yang akan dirilis Microsoft pada kuartal III-2012.

Android "Jelly Bean" selain bisa digunakan untuk smartphone dan tablet, Google juga akan merancangnya sebagai sistem operasi di notebook dan netbook.

Sebenarnya Google telah memiliki sistem operasi untuk notebook, yaitu Chrome. Namun, notebook dengan Chrome (Chromebook) juga tidak sebaik perkiraan Google semula.

Oleh karena itu, Google akan merancang "Jelly Bean" siap digunakan di notebook, untuk bersaing dengan Windows 8. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com