U19 banner dropdown

Kejar Target 2012, SAP Indonesia Susun Strategi Khusus

Dibaca:
Komentar :
Associateed Press

Ilustrasi cloud computing (komputasi awan)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. SAP Indonesia baru saja menunjuk Managing Director yang menjabat sejak Januari 2012. Singgih Wandojo, bos baru SAP Indonesia tersebut menargetkan pertumbuhan 70 persen untuk tahun 2012. Untuk meraih angka tersebut, ada tiga strategi Singgih yang akan dilakukan sepanjang tahun 2012.

Tiga strategi tersebut adalah pada layanan cloud computing, database, dan technology, serta mobile application. Tiga strategi ini merujuk kepada tren teknologi di tahun 2012 yang diamati oleh lelaki yang telah berkecimpung di dunia TI selama 23 tahun ini.

Tren teknologi tahun 2012 menurut Singgih adalah :
1. Connectivity
Konektivitas berarti bahwa semua hal yang dilakukan oleh masyarakat di tahun 2012 akan berhubungan dengan konektivitas secara mobile. Tren perusahaan adalah bagaimana karyawannya bisa terkoneksi dengan corporate backbone.

Oleh karena itu, SAP Indonesia ingin masuk ke perangkat mobile di tahun ini dengan menyediakan aplikasi mobile yang membantu kinerja perusahaan yang menjadi pelanggan SAP.

2. Big Data

Berdasarkan penelitian SAP Indonesia, volume data akan meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan. Dan 85 persen dari volume data tersebut merupakan data bisnis. Untuk itulah SAP ingin masuk ke sektor pengelolaan data bagi perusahaan.

3. Cloud Computing

Teknologi Cloud Computing diakui Singgih memang sedang tumbuh di Indonesia. Namun sebagian besar perusahaan penyedia layanan cloud bermain di platform dan infrastruktur.

SAP tidak akan bermain di dua layanan tersebut. SAP Indonesia akan mengambil bagian dalam cloud computing dengan menyediakan "Software as a Services" (SAS).

4. Social Media

Perkembangan sosial media, membuat SAP tertarik untuk ikut serta meramaikan platform yang memiliki jumlah audiens yang sangat besar di seluruh dunia ini.

"Social Media saat ini bukan hanya digunakan untuk personal use, tetapi juga untuk marketing perusahaan, bahkan untuk menyebarkan kebijakan pemerintah dan mencari tahu feedback dari masyarakat secara langsung," jelas Singgih. Untuk itulah SAP Indonesia juga telah memiliki Facebook Page sehingga program terbaru akan selalu dipublikasikan melalui Facebook.

Untuk mengikuti 4 tren teknologi di tahun 2012 tersebut, maka SAP Indonesia akan fokus pada tiga strategi, yakni :

1. Cloud Computing
SAP Indonesia akan melanjutkan layanan cloud computing dengan menyediakan perangkat lunak. SAP Indonesia akan terus berkecimpung di Software as aService (SAS) yang membarikan layanan berlangganan bagi perusahaan yang ingin menggunakan cloud.

2. Mobile Application

SAP Indonesia akan mengembangkan aplikasi mobile yang memungkinkan perusahaan yang menjadi pelanggan SAP dapat melakukan transaksi bisnis menggunakan perangkat bergerak.

SAP Indonesia akan membangun business inteligent on demand bagi perusahaan daam meningkatkan kinerja karyawan khususnya yang bekerja di lapangan.

3. Database dan Technology
Terobosan teknologi terbaru dari SAP Indonesia adalah SAP HANA (High Performance Appliance Analytics). SAP HANA merupakan real-time computing yang memungkinkan perusahaan menyimpan datanya di dalam memori, bukan hard disk. Hal ini akan berdampak pada kecepatan dalam proses pengolahan dan analisis data.

SAP HANA membantu organisasi bertindak berdasarkan informasi yang sedang terjadi (real time) dengan merevolusi cara pengambilan keputusan, meningkatkan kecepatan dari proses yang telah ada sebelumnya, dan mampu mengakses data dalam jumlah besar dalam periode yang lebih singkat.

Editor: Reza Wahyudi

 

TERBARU
e-Business
Gadget
Jumat, 19 September 2014 17.07 WIB
Samsung Kebut Debut Android L di Dua Galaxy
Internet
Jumat, 19 September 2014 16.07 WIB
Jejaring Sosial Khusus Orang Kaya, Daftar Saja Bayar
Software
Jumat, 19 September 2014 15.15 WIB
Android Berikutnya Ikut "Ketat" seperti iOS 8
Gadget
Jumat, 19 September 2014 14.14 WIB
Pendiri Apple Akhirnya Berhenti Pakai Android
TERPOPULER
Sabtu, 13 September 2014 15.59 WIB
Membandingkan iPhone 6 dengan Galaxy S5
Rabu, 17 September 2014 17.16 WIB
Galaxy Note 4 dan Edge "Mendarat" di Jakarta
Jumat, 19 September 2014 11.23 WIB
Baru Keluar Toko, iPhone 6 Jatuh ke Trotoar
Senin, 15 September 2014 15.38 WIB
Begini Cara Intel "Buang" Kabel dari Monitor
Jumat, 19 September 2014 14.14 WIB
Pendiri Apple Akhirnya Berhenti Pakai Android
Selasa, 16 September 2014 07.32 WIB
Android One Meluncur di India, Indonesia Berikutnya
Kamis, 18 September 2014 17.07 WIB
"Jual Cepat" Redmi 1S Dikeluhkan Lelet, Ini Kata Lazada