Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 8 Sapa Pengunjung Pameran di Barcelona

Kompas.com - 01/03/2012, 04:01 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi informasi raksasa Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows 8 di Mobile World Congres Barcelona, Spanyol, Rabu (28/2/2012). Inilah sistem operasi anyar yang disebut sebagai penggambaran kembali sistem Windows.

"Windows 8 adalah sebuah perubahan generasi dalam sistem operasi Windows. Ini pengimanijasian kembali Windows," kata Presiden Windows, Steven Sinofsky, di pameran tersebut.

Sistem operasi (OS) yang dirancang semirip mungkin untuk penggunaan di komputer dan perangkat tablet PC itu akan menjadi pesaing bagi sistem operasi Android buatan Google dan iOS dari Apple. Windows 8 juga mengadopsi tampilan susunan aplikasi yang ditata secara berpetak-petak di layar utamanya.

Pada perangkat mobile dengan layar sentuh, ikon-ikon aplikasi itu dapat dipilih dan digeser seperti pada smartphone. Fungsi zoom in atau zoom out untuk mengatur perbesaran tampilan layar juga dapat dilakukan dengan menggerakan dua jari pada layar sentuh tersebut.

"Aplikasi memberikan nyawa pada sistem operasi. Semakin banyak aplikasi yang Anda miliki, pengalaman Anda semakin baik," papar Sinofsky.

Sebagaimana para pesaing yang telah menduluinya, Windows 8 juga mendukung penggunaan komputasi awan di mana data pengguna akan tersimpan dan dapat diolah secara online, bukan dalam penyimpan data (disc) pada PC. "Koneksi via komputasi awan ini sangat penting saat pertama kali kita membayangkan Windows 8," kata Sinofsky.

Dalam pameran itu, Microsoft juga mengumumkan pengujian awal Windows Store, yakni tempat bagi pengguna Windows untuk membeli aplikasi secara online.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com