Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamor Windows Phone Melonjak di Februari

Kompas.com - 04/03/2012, 08:44 WIB

KOMPAS.com - Survei pasar versi dari NetMarketShare (NMS) terhadap perangkat mobile menunjukkan data kenaikan pada pangsa pasar Windows Phone.

Menurut data NMS, pangsa pasar Windows Phone relatif stabil di 0,2 persen sejak April 2011 hingga Januari 2012.

Namun pada Februari 2012, pangsa pasarnya melonjak ke angka 0,41 persen di Februari 2012. Artinya, ada kenaikan sebesar 41,38 persen.

Memang, pertumbuhannya relatif kecil dibandingkan dengan iOS dan Android. Namun adanya lonjakan ini menimbulkan pertanyaan, apa yang jadi penyebab?

Diduga, lonjakan ini adalah efek dari Nokia yang makin gencar menjual Lumia, jajaran ponsel berbasis Windows Phone mereka.

Nokia memang nampak cukup agresif dengan Lumia, meski di pasaran baru ada dua jenis: Lumia 800 dan Lumia 710.

Namun TheNextWeb mengatakan data ini masih perlu diperhatikan lebih lanjut. Lonjakan terjadi diduga karena pasar Windows Phone yang masih kecil.

Karena pasarnya masih kecil, setiap pertambahan akan terlihat signifikan. Namun jika dibandingkan sistem lain, mungkin sebenarnya tak seberapa.

Data NMS menempatkan iOS sebagai sistem dengan pangsa pasar terbesar (54 persen), disusul oleh Java ME (20 persen) dan Android (16 persen).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com