Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Layar Fleksibel untuk iPad, Apple Gandeng Samsung

Kompas.com - 06/03/2012, 16:23 WIB

KOMPAS.com - Meski sedang bersaing dan bahkan saling gugat di pengadilan, Apple diam-diam sedang bernegosiasi dengan Samsung.

Pembicaraan rahasia dengan divisi Samsung Mobile Display itu dikabarkan seputar rencana penggunaan layar AMOLED fleksibel atau AMOLED standar untuk perangkat Apple, baik iPhone maupun iPad.

Kabar tersebut bocor dari sebuah dokumen Samsung Sekuritas yang dibocorkan oleh seseorang tidak dikenal serta mengkonfirmasi tentang kabar pembicaraan Apple dan Samsung tersebut.

Apple memang dikabarkan akan merilis iPad 3 pada 7 Maret 2012 dan produk baru iPad mini 7 inci pada kuartal III-2012.

Memang belum ada kepastian apakah Apple akan menggunakan panel fleksibel pada model iPad berikutnya. Kendati demikian, Samsung Mobile Display sudah bersiap untuk meningkatkan resolusi panel dan siap memproduksi massal panel ponsel ataupun tablet tersebut.

Kini, Samsung Mobile Display baru bisa memproduksi sekitar 54 juta panel per tahun. Pihak Samsung sendiri akan memproduksi panel fleksibel secara massal pada tahun ini.

Produksi AMOLED Samsung sepertinya belum siap untuk memenuhi permintaan Apple untuk dipasang di iPad.

Analis lain memperkirakan pekan ini bahwa Apple akan menjual 55 juta unit iPad generasi ketiga dalam 2012 dengan perbaikan hardware signifikan termasuk Retina Display, rumornya dilengkapi Siri dan mendukung jaringan 4G LTE.

Samsung sendiri telah menjadi produsen layar AMOLED utama dan telah menggunakan teknologi itu pada ponsel pintarnya, Galaxy S dan Galaxy S II, juga tablet Galaxy Tab 7,7 inci.

CEO Apple Tim Cook telah mengatakan akan bertemu dengan eksekutif Samsung untuk mendiskusikan penggunaan AMOLED untuk iPad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com