Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Bangkrut, Kodak Fokus di Asia Pasifik

Kompas.com - 06/03/2012, 19:35 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Kodak, perusahaan legendaris di bidang fotografi,  menjelaskan bahwa hanya Kodak di Amerika Serikat saja yang mengalami kebangkrutan. Kondisi Kodak di Asia Pasifik masih normal.

Regional Managing Director Asia Pacific Region Eastman Kodak Company Lois Lebegue menjelaskan kondisi kebangkrutan Kodak yang ada di Amerika Serikat tidak akan berpengaruh terhadap bisnis Kodak di Asia Pasifik, apalagi di Indonesia.

"Kondisi Kodak di Asia dan Amerika Serikat (AS) sangat berbeda. Pengajuan permohonan perlindungan kebangkrutan Kodak itu hanya berlaku di AS," kata Lois selepas memberikan konferensi pers bisnis Kodak ke depan di Horizon Club Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (6/3/2012).

Kodak telah mengajukan permohonan perlindungan kebangkrutan kepada Pengadilan Pailit Amerika Serikat dengan menggunakan Bab 11 Undang-Undang Kepailitan. Pengajuan itu selesai pada 18 Januari lalu.

Kendati demikian, pengajuan permohonan perlindungan kebangkrutan tersebut tidak berarti bahwa Kodak secara global mengalami kebangkrutan. Kata Lois, kebangkrutan itu hanya terjadi di AS.

Pengajuan permohonan perlindungan kebangkrutan itu dilakukan Kodak semata-mata untuk melindungi usaha, agar perusahaan Kodak tetap ada di masa depan dan bisa meneruskan bisnisnya di masa mendatang.

Berikut empat unsur pengajuan permohonan perlindungan kebangkrutan Kodak ke Pengadilan Pailit AS:

  1. Menghitung kembali biaya perusahaan terdahulu. Hal itu dilakukan agar biaya-biaya yang dikeluarkan tidak mempengaruhi bisnis Kodak saat ini.
  2. Untuk mendapatkan dana dalam merestrukturisasi kekayaan Kodak ke depan
  3. Untuk menjual aset-aset tidak strategis terutama Kodak Gallery dan Intelectual Property (IP) atau hak cipta yang tidak berguna bagi Kodak
  4. Dari dana hasil restrukturisasi pengajuan kepailitan, dana tersebut akan digunakan untuk investasi Kodak khususnya di Asia Pasifik

Fokus ke Asia Pasifik

Lois menganggap investasi Kodak yang akan dikhususkan ke Asia Pasifik, salah satunya Indonesia disebabkan karena kondisi Asia berkembang sangat baik, baik dari pertumbuhan ekonominya hingga stabilitas politiknya.

"Oleh karena itulah kami akan fokus di Asia khususnya Indonesia," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com