Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FBI Tangkap Peretas

Kompas.com - 07/03/2012, 18:13 WIB

Tujuh orang yang diduga sebagai peretas di AS, Inggris dan Irlandia ditangkap dengan tuntutan kejahatan komputer yang mempengaruhi ''lebih dari satu juta korban''.

FBI mengatakan lima orang tersebut terlibat dalam jaringan Lulzsec, sedangkan yang lainnya sebagai anggota peretas Antisec.

Sebelumnya pemimpin Lulzsec Hector Xavier Monsegur dinyatakan bersalah pada 12 Agustus silam dalam dakwaan kriminal.

Penangkapan atas Monsegur ini diyakini membuka banyak informasi atas sejumlah peretas lainnya.

FBI menyatakan bahwa Monsegur - yang juga dikenal dengan nama Sabu - mengakui terlibat dalam serangan terhadap kelompok media Sony Pictures Entertainment dan Fox Broadcasting serta sejumlah lembaga penyiaran publik lainnya.

Penangkapan terbaru melibatkan Jake Davis, 19 dari Lerwick, Kepulauan Shetland, Ryan Ackroyd, 25, dari Doncaster, dan Darren Martyn, 25, dari Galway, Irlandia. Mereka dituntut atas dua konspirasi peretasan komputer.

Sementara Donncha O'Cearrbhail, 19, dari Birr, Irlandia menghadapi satu tuntutan konspirasi peretasan dan dugaan terpisah terkait pencurian data.

Polisi Irlandia juga menyebut bahwa mereka menangkap seorang lelaki yang terkait dengan penggerebekan tersebut.

Sedangkan Scotland Yard tidak menyebut nama lelaki berusia 17 tahun dari London Selatan yang juga dituduh dengan dua kejahatan komputer.

FBI menambahkan bahwa Jeremy Hammond - yang dikenal dengan nama Anarchaos - ditahan di Chicago terkait dengan tuduhan peretasan terhadap lembaga Startfor Desember silam. Diduga organisasi peretas Antisec mempublikasikan data yang dicuri ke sebuah situs pembagi data.
Retak di dalam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com