Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Gosip dan Fakta iPad 3

Kompas.com - 08/03/2012, 14:32 WIB

KOMPAS.com - Apple telah meluncurkan iPad generasi terbaru semalam. Tapi, ada gosip dan fakta iPad baru tersebut sebelum dan setelah peluncuran yang bisa disimak.

Berikut 8 gosip dan fakta iPad 3 tersebut:

1. Nama

Sebelumnya dirumorkan bahwa iPad terbaru ini akan memiliki nama "iPad 3" sesuai urutan nomor perangkat yang telah diluncurkan sebelumnya. Tapi, sumber The Verge malah menyebut bahwa perangkat ini bakal disebut "iPad HD" karena memiliki spesifikasi lumayan tinggi dibanding pesaingnya.

Fakta: Ternyata Apple malah menyebut perangkat tersebut sama sekali berbeda dengan dugaan sebelumnya. Apple hanya menyebut "baru" dan iPad "generasi ketiga" alias tanpa embel-embel apapun.

2. Retina Display

Ini adalah rumor yang paling gampang ditebak oleh pakar IT. iPad generasi terbaru ini memakai tampilan retina dengan resolusi 2.048 x 1.536 pixel atau empat kali dari jumlah pixel yang ada di iPad pertama dan kedua.

Rumor ini tidak dianggap baru sama sekali. Sebelum iPad 2 beredar, tersiar rumor bahwa Apple berencana menambahkan Retina Display untuk tablet. Ternyata rumor itu disimpannya di iPad generasi ketiga ini.

Bahkan Nouvoyance, anak usaha Samsung telah menunjukkan Retina Display ke publik pada pertengahan 2011. Sebuah layar iPad diduga dipotong agar disesuaikan dengan kepadatan pikselnya pada Februari lalu. Hasilnya, kepadatan pikselnya lebih tinggi dari semula.

Fakta: iPad generasi ketiga memakai resolusi 2048 x 1536 pixel dengan kepadatan 264 pixel per inci. Artinya, tampilannya mendekati tampilan cetak / majalah jika dilihat dari jarak 15 inci. Tapi ternyata resolusi itu jauh lebih rendah dibanding resolusi iPhone 4 atau 4S (640 x 960 piksel dengan 330 ppi) dan iPod Touch (326 ppi).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com