Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ongkos Produksi iPad Baru Lebih Mahal dari iPad 2

Kompas.com - 19/03/2012, 12:18 WIB

KOMPAS.com - Apple harus rela mengambil untung lebih sedikit dari hasil penjualan iPad generasi ketiga. Karena, ongkos pembuatan iPad baru itu disebut lebih mahal dari iPad sebelumnya.

Menurut analisis dari perusahaan IHS iSuppli, komponen yang digunakan iPad terbaru tersebut lebih mahal dari iPad sebelumnya. Laporan ini dirilis iSuppli di hari penjualan perdana iPad generasi tiga di beberapa negara, Jumat (16/3/2012).

iPad terbaru dengan memori internal 32GB, menurut iSuppli, membutuhkan biaya produksi 364,35 dollar AS. Angka tersebut lebih tinggi 9% dibandingkan biaya produksi iPad 2 yang diluncurkan tahun lalu sebesar 335 dollar AS.

Sedangkan biaya produksi iPad generasi pertama yang keluar tahun 2010, berkisar 276 dollar AS.

Layar retina display dengan resolusi tinggi yang digembar-gemborkan Apple pada iPad generasi tiga, menjadi faktor utama meledaknya biaya produksi.

iSuppli memperkirakan, Apple harus mengeluarkan kocek 87 dollar AS untuk layar ditambah 40 dollar AS untuk lapisan layar sentuh yang sensitif.

Nah, karena layar tersebut menyedot konsumsi energi yang tinggi, maka Apple harus membuat baterai yang lebih besar di iPad baru.

Meski daya tahan baterainya sama seperti iPad 2, yakni 10 jam, namun iSuppli menerawang bahwa baterai iPad terbaru telah ditingkatkan 70% lebih.

Komponen lain yang membuat biaya produksi tinggi, adalah modem seluler yang mendukung jaringan 4G LTE.

Samsung masih menjadi pemasok terbesar untuk komponen-komponen yang digunakan di iPad terbaru. Pihak iSuppli menduga, Samsung memasok prosesor A5X, baterai, dan flash storage memory.

Perkiraan biaya produksi iSuppli di atas tidak termasuk biaya pengepakan, dan biaya overhead lainnya seperti desain, perangkat lunak dan pemasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com