Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Flashdisk

Kompas.com - 21/03/2012, 06:26 WIB

KOMPAS.com - Perangkat USB Flashdisk (UFD) merupakan perangkat penyimpanan data yang sangat populer. Dari waktu ke waktu, sudah semakin banyak bermunculan bermacam-macam USB Flashdisk.

Para pengguna USB Flashdisk dihadapkan dengan pilihan yang beragam mulai dari kapasitas, bentuk, harga dan kemampuan yang bervariasi.

Tak bisa dipungkiri, dengan pilihan yang semakin banyak ini para pengguna USB Flashdisk pun menjadi kebingungan untuk menjatuhkan pilihan yang tepat.

Berikut adalah lima hal yang perlu dipertimbangkan, ketika sedang memilih USB Flashdisk.

1. Casing

Casing menjadi salah satu elemen yang harus diperhatikan dalam memilih Flashdisk. Bukan hanya warna dan bentuk yang menarik, tetapi Anda harus memperhatikan kekuatan casing.

Casing Flashdisk yang bagus adalah casing yang akan kuat melekat melindungi bagian dalam Flashdisk. Casing Flashdisk harus benar-benar kuat terutama karena dalam penggunaannya akan berulangkali harus ditancapkan dan dicabut.

Selain kekuatan casing, ukuran casing juga harus diperhatikan. Jangan sampai ukuran casing yang terlampau besar jadi menghalangi port USB yang bersebelahan sehingga tidak bisa digunakan. Flashdisk yang ramping lebih mudah dibawa dan mudah pula ditancapkan pada port USB yang berdampingan.

Masih berkaitan dengan casing, bagian penting pada casing yang perlu Anda perhatikan adalah penutup Flashdisk. Sebaiknya pilihlah tutup yang menyambung pada badan Flashdisk.

Sebab bagian tutup mudah longgar karena sering dibuka dan ditutup sehingga sering terjadi, tutup Flashdisk akan hilang karena sudah lama dipakai. Bila tutup hilang, maka Flashdisk rentan mengalami kerusakan karena benda-benda asing yang masuk ke mulut Flashdisk.

2. Kapasitas Penyimpanan

Kini kapasitas Flashdisk semakin beragam tersedia di pasaran. Kapasitas yang terlampau kecil semakin sulit ditemukan, sedangkan kapasitas yang semakin besar terus bermunculan.

Selain itu, harga Flashdisk pun semakin terjangkau. Nah, kapasitas Flashdisk yang mesti Anda pilih bergantung pada tujuan penggunaannya dan juga kemampuan daya beli Anda.

Sebagai gambaran, untuk keperluan transfer dokumen dibutuhkan kapasitas 1-2 GB, untuk keperluan transfer foto dan musik diperlukan kapasitas 2-6 GB, untuk transfer file film dibutuhkan 4-12 GB, lalu untuk menjalankan program-program portabel diperlukan kapasitas 1-2 GB, untuk menjaga keamanan USB flash drive Anda diperlukan ruang sebesar 1-2 GB.

3. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data adalah kecepatan yang dimiliki Flashdisk untuk membaca data dan menyimpan data. Kecepatan membaca data biasanya lebih tinggi daripada kecepatan menyimpan.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com