Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Gabungkan Divisi Printer dan PC

Kompas.com - 23/03/2012, 08:16 WIB

KOMPAS.com - Hadirnya komputer tablet yang sedikit banyak menggerus pasar komputer desktop dan laptop membuat beberapa Hewlett Packard (HP) berhitung ulang.

Produsen perangkat komputer ini akhirnya memutuskan untuk menggabungkan dua unit bisnisnya yaitu, unit printer dan personal computer (PC). Meg Whitman, Chief Executive HP menyatakan, penggabungan dua divisi terbesar ini bertujuan untuk menggenjot kinerja pertumbuhan perusahaan.

“Kami melakukan ini dengan pertimbangan struktur pembiayaan agar bisa bekerja lebih efisien,” ujar Whitman.

Gabungan unit bisnis ini nantinya akan dipimpin oleh Todd Bradley. Sebelumnya, Bradley bekerja sebagai Executive Vice President pada Personal Systems Group (PSG) yang mencakup personal computer, tablet, dan smartphone.

Menurut penelitian dari perusahaan riset International Data Computer (IDC), pangsa pasar HP di penghujung tahun 2011 hanya 16% dari total penjualan PC secara global. Angka ini turun dari pangsa pasar tahun sebelumnya sebesar 19,4%

Sementara itu, Lenovo Group dan Dell selaku kompetitor HP telah melakukan berbagai ekspansi pasar ke seluruh dunia. Oleh karena itu, Lenovo berhasil mengekori kinerja HP dengan pangsa pasar 14%. (Marantina/KONTAN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com