Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujudkan.com: Ayo Bantu Industri Kreatif Indonesia

Kompas.com - 29/03/2012, 19:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia kini memiliki sebuah situs crowdfunding untuk industri kreatif di Indonesia, yaitu Wujudkan.com. Situs tersebut ingin mendorong partisipasi publik dalam mengembangkan karya kreatif di tanah air.

Pendiri Wujudkan.com Mandy Marahimin menjelaskan situs ini dibuat atas kekhawatiran industri kreatif di tanah air yang tidak didukung oleh publik sendiri. Konsumen hanya dijejali karya-karya yang cenderung bernilai bisnis.

"Melalui situs ini, semua orang bisa memilih untuk memberikan dukungan kepada karya-karya yang mereka inginkan terwujud. Semua orang bisa terlibat aktif dan bukan hanya menjadi konsumen pasif," kata Mandy di Restoran Tjikini Jakarta, Kamis (29/3/2012).

Awalnya, Mandy selalu melakukan donasi ke sebuah situs crowdfunding di Amerika Serikat. Keinginan untuk memberikan pendanaan tersebut disebabkan karena Mandy adalah seorang pembuat film yang juga ingin membantu orang lain bisa membuat film sepertinya.

Sejak awal 2010, Mandy selalu mendonasikan sekitar 20 dollar AS per bulan kepada situs crowdfunding tersebut. Tapi, lama-lama, Mandy berpikir kenapa tidak membuat situs serupa di tanah air.

"Apalagi banyak calon sineas muda yang ingin membuat film, tapi terkendala dana," jelasnya.

Keinginan tersebut baru bisa terwujud pada Februari 2011. Untuk membuat situs crowdfunding Wujudkan.com, Mandy yang sudah 11 tahun malang melintang di dunia film harus rela merogoh uang tabungannya sendiri. Untungnya, masih ada bantuan dari temannya yang sekaligus menjadi pendiri situs tersebut.

Mereka adalah Dondy Hananto di bidang finansial, Zaki Jaihutan sebagai praktisi legal dan Wicak Soegijoko sebagai seorang pengembang teknologi.

Namun situs tersebut tidak bisa langsung dirilis karena kesibukan dari masing-masing pendiri. Selain itu, mereka juga harus menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan situs itu.

"Pada 21 Februari 2012 lalu, situs ini resmi diluncurkan secara soft launching, baik lewat Facebook, Twitter dan lewat perbincangan antar teman saja," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com