Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"E-mail" BlackBerry Bermasalah karena "Server" di Singapura

Kompas.com - 30/03/2012, 16:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyebab tumbangnya layanan e-mail yang dirasakan pengguna BlackBerry di Indonesia sejak Jumat (30/3/2012) pagi tadi ternyata berasal dari negara tetangga kita, Singapura.

Operator menyebutkan sempat ada masalah di server Research in Motion (RIM) di Singapura.

Division Head Mobile Device Indosat, Benny Hutagalung, menjelaskan, para operator telah melakukan koordinasi dengan pihak RIM di Singapura.

"Memang RIM mengakui ada masalah server di sana. Kami sudah berkoordinasi dengan RIM Singapura," kata Benny kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (30/3/2012).

Imbas dari masalah yang dialami oleh RIM saat ini, kata Benny, layanan BlackBerry Internet Service (BIS) pelanggan mengalami masalah. Tetapi, tidak semua layanan BIS mengalami masalah, hanya email yang tidak berfungsi.

Kendati demikian, pihak operator telah mendapat kepastian dari RIM atas jaminan penyelesaian masalah tersebut. Pihak RIM juga terikat kontrak dengan pihak operator yang akan menangani masalah tidak lebih dari sehari.

"Biasanya masalah seperti ini hanya berlangsung sekitar 3-4 jam. Tidak mungkin masalah di RIM akan berlangsung lebih dari satu hari karena RIM sudah janji akan menangani segala masalah apa pun kurang dari sehari," jelasnya.

Sekadar catatan, layanan BlackBerry Internet Service (BIS) khususnya push email pelanggan di semua operator sempat mati sejak pukul 10.00 WIB. Saat ini, layanan tersebut sudah berfungsi kembali—sudah dapat digunakan baik untuk mengirim maupun menerima e-mail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com