Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Minta Google Bangun Server di Indonesia

Kompas.com - 31/03/2012, 09:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah mendesak Google untuk membangun data center di Indonesia. Harapannya, biaya koneksi internet di Tanah Air bisa menjadi lebih murah.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi, saat membacakan pidato sambutan dari Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menjelaskan, pembangunan server itu juga sekaligus akan menjadi bukti komitmen Google di Indonesia.

"Harapannya Google mau membangun data center di Indonesia. Dengan semakin rendahnya biaya broadband, maka akan menghemat biaya operasional bisnis di sini," kata Bachrul selepas pembukaan kantor virtual Google di Indonesia di Gedung Cyber 2 Jakarta, Jumat (30/3/2012).

Pembangunan data center oleh Google di Indonesia ini dinilai perlu oleh pemerintah karena Indonesia merupakan pasar yang penting bagi perusahaan asing, tidak terkecuali Google.

Apalagi, dengan jumlah penduduk Indonesia melebihi 240 juta dan pertumbuhan internet sekitar 30 persen pada tahun 2011, maka hal tersebut juga tidak bisa dianggap hal yang remeh bagi Google.

Google juga dinilai aktif membangun usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia dengan menyelenggarakan Business Lokal Go Online, yaitu menyediakan sekitar 100.000 domain gratis bagi UKM di Indonesia dalam memasarkan usahanya.

Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy mengaku bahwa Google telah membangun data center di Singapura, Taiwan, dan Hongkong.

"Ketiganya itu sudah mampu meningkatkan layanan internet lebih cepat dan lebih baik, termasuk di Indonesia. Ketiganya untuk meng-cover Asia Pasifik," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com